SHARE

primaradio.co.id – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) akan merealisasikan pembangunan jalan tembus Pagerwojo-Jenggolo (PJ) pada 2016. Rencana pembangunan ini sempat tertunda tiga tahun lantaran jalur yang akan dilalui menimpa beberapa perumahan dan tanah milik Pemprov Jatim.

Menurut Kepala Dinas PU BM, Sigit Setyawan, mengatakan bahwa ada lima pengembang perumahan yang akan dilalui jalan sepanjang sekitar 1,5 km ini. Sehingga pemerintah melakukan pendekatan konstruktif hingga akhirnya para pengembang menyetujui sebagian lahannya dimanfaatkan untuk pembangunan PJ ini. Jalan tembus ini berawal di akses jalan masuk Perumahan Taman Tiara Regency (TTR) dan berakhir di sisi barat Flyover Jenggolo tepat di depan Museum Mpu Tantular. Rencananya, jalan tersebut akan dibuat empat lajur lengkap dengan median jalan.

Sigit juga menambahkan, selama ini Jalan Pagerwojo menjadi titik kemacetan, terutama saat jam sibuk. Ada tiga titik simpul kemacetan di kawasan tersebut, yaitu perlintasan kereta api, pom bensin pertigaan Jalan Sultan Agung, dan pertigaan Pucang. Proyek ini memakan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Pembangunan jalan ini juga dinilai mampu menaikkan harga properti di sekitar kawasan yang dilintasi. (zum/nji)