SHARE
Wali Kota Tri Rismaharini saat konferensi pers soal alat pendeteksi teroris (Foto: Akke Andhika)

primaradio.co.id – Pasca terjadinya rentetan aksi teroris di Surabaya yang juga melibatkan beberapa warga dari Surabaya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menilai bahwa yang paling penting untuk mencegah agar kejadian tersebut tidak terjadi adalah deteksi dini. Tri Rismaharini mengaku telah mempersiapkan sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi peredaran anggota teroris di Surabaya. Alat tersebut dapat mengidentifikasi dini peredaran teroris dengan melihat riwayat dan rekam jejak orang tersebut.

“Sebetulnya kalau warga bisa lebih peka maka akan lebih cepat untuk terdeteksi dini, Disamping itu kita sedang menyiapkan alat untuk deteksi dini dan memantau. Jadi yang paling penting menurut saya adalah deteksi dini supaya tidak ada korban.

“Insyaalah sore ini, Kita tahu caranya. Sebetulnya mudah sekali kalau sudah terintegrasi”, kata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat jumpa pers di ruang kerjanya, Selasa (15/5).

Rencananya alat tersebut mulai dapat diterapkan Sore ini, dan akan berintegrasi dengan beberapa pihak seperti imigrasi, dan dinas kendudukan. Risma juga berharap masyarakat bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya untuk upaya deteksi dini peredaran anggota teroris. (alf/bee)