SHARE

primaradio.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) akan membagikan sebanyak 1.000 kacamata khusus untuk melihat Gerhana Matahari. Pembagian dilakukan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (9/3/2016) pagi.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, mengatakan bahwa kacamata dibagikan cuma-cuma alias gratis. Kaca mata khusus untuk menyaksikan gerhana itu diproduksi menggunakan filter khusus yang dapat merendam intensitas cahaya matahari hingga 100.000 kali. Namun, pemakaian kacamata khusus tersebut tak boleh melebihi 2 menit.

Gus Ipul juga menambahkan, dengan pembagian kacamata gerhana tersebut, masyarakat yang mengikuti shalat gerhana di Masjid Al-Akbar diharapkan bisa menyaksikan secara langsung peristiwa langka terjadinya Gerhana Matahati sebagian, yang melewati wilayah Jatim.

Bagi masyarakat yang tak kebagian kacamata, bisa menyaksikan Gerhana Matahari dari layar lebar, yang disiapkan takmir masjid. Yakni, empat layar lebar dan empat LED 54 inc di sejumlah titik bagian masjid. (Zum/Nji)