SHARE
Pemudik di pelabuhan Tanjung Perak (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Hingga H-4 lebaran atau tanggal 10 Juni 2018, Penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak sudah mencapai 33.958 penumpang. Jika melihat dari Grafik yang ditampilkan di Poskotis Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, terhitung sejak tgl 3 Juni hingga 10 Juni (H-4) puncak arus mudik. Pemudik yang turun di Tanjung Perak pada tanggal 8 Juni ( H-7) dengan total sebanyak 7.878 penumpang. Sebagian besar para penumpang yang turun di Tanjung Perak ini di dominasi oleh penumpang dari Indonesia timur seperti Balikpapan, Banjarmasin, Makasar.

Sedangkan, untuk puncak tertinggi jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, terjadi pada tanggal 9 Juni dengan jumlah 2.020 penumpang. Jika melihat jadwal kedatangan kapal di hari ini, terdapat 2 kapal lain yang juga akan sadar di Pelabuhan Tanjung Perak, yakni Kapal Awu dari Kumai dan Kapal Lawit dari Pontianak.

Sementara itu untuk memfasilitasi para pemudik agar sampai tujuan dengan aman, Pelindo 3 mengadakan mudik gratis BUMN 2018 dengan mengoprasikan 150 armada bus, dengan tujuan akhir Madiun, Trenggalek, Cepu, Jember Blitar.

Dirut Pelindo 3 Ari Askara menyatakan mudik gratis tahun ini terdapat kuota sebanyak 14.000 pemudik, dan direncanakan akan diperbanyak menjadi 17.000 pemudik.

Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, para pemudik yang akan memasuki boarding room akan diperiksa dengan metal detektor, dan scan X-ray untuk barang bawaannya. Tak hanya itu, para pemudik yang akan keluar menuju area ruang tunggu juga dilakukan pengecekan suhu tubuh sebagai pencegahan penyakit atau virus menular. Selain itu juga disiagakan 2 ekor anjing pelacak untuk menjaga keamanan. (alf/bee)