SHARE
Foto: YouTube

primaradio.co.id ā€“ Pengusaha kopi di Jawa Timur berharap pemerintah daerah setempat ikut berperan aktif memperkenalkan kopi ke masyarakat luas.

Jawa timur sendiri merupakan penghasil kopi robusta no 1 di Indonesia, namun sayangnya kopi di Jawa Timur belum ditangani dengan baik.

Presiden Pasukan Berani Ngopi, Widi Kamidi mengatakan kopi asli Jawa Timur belum ter- branding dengan baik, padahal Jawa Timur memiliki beraneka ragam jenis kopi. Pelaku usahanya juga banyak. Sayangnya brandingnya masih belum maksimal.

Padahal kalau dari aroma dan citarasa tidak kalah dengan kopi nusantara lainnya, misalnya kopi Sumatera yang lebih populer.

“Kopi Robusta Jawa Timur memiliki rasa kacang dan agak sedikit bau tanah ini yang membuat cita rasa kopi Jawa Timur memiliki rasa yang khas. Beda dengan kopi yang lain di Indonesia,” ungkap Widi.

Widi juga menambahkan salah satu daerah penghasil kopi di Jawa Timur adalah Malang. Ada 4 kecamatan penghasil kopi, yang dikenal dengan istilah Amstirdam, yaitu Kecamatan Ampel Gading, Sumbermanjing, Tirtoyudo dan Dampit. (yur/bee)