SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah berencana untuk menerapkan tarif cukai bagi penjualan bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya, selama ini BBM dianggap merusak lingkungan. Sehingga perlu dilakukan pemberlakuan tarif cukai bagi penjualan BBM. Namun, usulan tersebut ditolak oleh Pertamina.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan bahwa tarif cukai tidak dapat dipungut melalui BBM mengingat besarnya kebutuhan terhadap produksi nasional. Sebab, cukai dikenakan kepada sesuatu yang didorong kepada masyarakat agar tidak menggunakannya secara banyak. Padahal untuk energi, BBM, maupun gas itu sangat dibutuhkan untuk keperluan ekonomi nasional.

Dwi juga menambahkan, pemerintah tak dapat menyamakan BBM dengan penjualan rokok yang telah dikenai tarif cukai. Sebab, BBM bukanlah sesuatu yang didorong untuk tidak dikonsumsi secara massal oleh masyarakat. Sehingga diharapkan agar pemerintah dapat menarik wacana pemungutan tarif cukai bagi BBM. Meskipun saat ini pemerintah tengah berupaya untuk meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan, tarif cukai ini dinilai tidak efektif untuk memancing masyarakat agar tidak menggunakan bahan bakar fosil. (Zum/Nji)