SHARE

primaradio.co.id – Ratusan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia-Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SPBI- KASBI) Gresik, melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

Menurut anggota SPBI-Kasbi Gresik, Abdul Hakam, mengatakan bahwa buruh berdemo guna menuntut dipekerjakan kembali di CV Surya Makmur, Jl Kawasan Industri Gresik (KIG) Selatan, Kavling E Nomor 7, Kecamatan Gresik, karena di rumahkan dan putus hubungan kerja (PHK). Selain permasalahan di perumahkan dan PHK, massa juga menyerukan Upah minimum sektoral Kota/Kabupaten (UMSK) 2016 yang di Kabupaten Gresik hanya diberlakuan bagi pabrik asing.

Dari PHK dan diliburkan puluhan pekerja itu diharapkan tetap mengacu pada aturan dan Undang-undang ketenaga kerjaan. Pasalnya, pekerja borongan tersebut diliburkan tanpa dibayar dan di PHK tanpa prosedural. Sehingga buruh menuntut Disnaker Gresik agar memberikan pengawasan ke perusahaan yang melanggar Undang-undang ketenaga kerjaan.

Massa dikawal ketat aparat Polisi dan perwakilan massa SPBI Kasbi Gresik diterima mediasi oleh Kabid pengawasan Disnaker Gresik. (Zum/Nji)