SHARE

primaradio.co.id – Jelang bergulirnya Piala Presiden yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (18/01/2018), pengamanan khusus dilakukan oleh Polrestabes Surabaya. Pengamanan tersebut juga mencakup optimalisasi parkir di Gelora Bung Tomo, dan pengalihan arus lalu lintas, selain pengamanan penonton di dalam stadion. Hal ini diungkapkan oleh Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Lily Djafar saat hadir di studio Primaradio.

Sebagaimana diketahui, Stadion Gelora Bung Tomo menjadi lokasi pertandingan empat klub, yang mana Persebaya diuntungkan sebagai tuan rumah. Laga pertama akan digelar pada Kamis (18/01/2018), mulai pukul 15.30 WIB. Laga ini sendiri akan mempertemukan Persebaya versus PS TNI. Sementara Madura United akan melawan Perseru Serui di pertandingan kedua yang akan digelar pukul 19.30 WIB.

“Hari ini, Surabaya bersyukurlah kita menjadi tuan rumah di dalam pelaksanaan pertandingan sepak bola Piala Presiden di Grup C. Di situ ada empat kesebelasan yang akan bermain. Dari mulai hari ini, tanggal 18 Januari di jam pertama Persebaya melawan PS TNI, dimulai pukul 15.30. Di jam kedua, Madura United melawan Perseru Serui di jam 19.30,” kata Kompol Lily.

Mengantispasi membeludaknya para suporter, khsusunya Bonek Mania (pendukung Persebaya), Polrestabes akan melakukan penanganan dengan menyiapkan parkir di dalam untuk seluruh suporter, baik R2 atau R4. Melakukan kanalisasi jalur saat usai pertandingan, dan clearing parkir sepanjang jalan Pakal-Benowo-Romokalisari, dan penggelaran mobil Patroli di sepanjang jalan Pakal-Benowo.

“Karena kita tahu jalannya yang menuju ke Gelora Bung Tomo cuma satu. Untuk itu, kita jam 10.00 sudah apel perisapan pengaman, karena yang kita libatkan adalah sekitar 1922, atau kurang lebih 2000 personel pengamannan. Tentunya gabungan Polri-TNI, Disbuh, Saptol PP, Linmas, dan pemadam kebakaran,” tambahnya.

Sementara terkait rekayasa lalu lintas, mulai pukul 12.00 WIB diberlakukan (i)Arah Benowo menujuu GBT (Searah). (ii)Dari makam menuju GBT (dua arah), berlaku untuk kendaraan R2 dan R4 yang akan memasuki GBT.

Sedangkan jelang usai pertandingan, (i)Pada pukul 18.00-19.00 WIB sudah disiapkan arus balik. (ii)Dari GBT menuju arah makam (searah). (iii)Begitu pula dari arah GBT menuju Benowo (searah) tidak ada kendaraan masuk.

Selain itu, pihak Polrestabes juga mengimbau agar Suporter tidak parkir di sepanjang jalan Pakal-Benowo, tidak membawa kembang api (flare), minuman keras, dan senjata tajam, dan khusus bagi masayarakat, agar pada saat pertandingan berlangsung menghindari jalan Pakal-Benowo- Romokalisari untuk mencari jalan alternatif lain. (joe)