SHARE

primaradio.co.id – Bergairahnya bisnis properti membuat penjualan keramik ikut tumbuh. Salah satu produsen keramik, tahun ini memproyeksikan pertumbuhan penjualan sebesar 30 persen. Angka tersebut naik hingga 20 persen dibandingkan tahun 2015 yang hanya tumbuh 10 persen.

Menurut Marketing Communicatio Milan Ceramics, Lois Gloria mengatakan bahwa dengan naik target pertumbuhan yang dipatok, kapasitas produksi keramik juga ditambah. Yakni, dari 90.000 boks perbulan menjadi 120.000 boks per bulan.

Menurut Lois, optimisme tersebut diperkuat dengan fakta bahwa mulai awal tahun ini proyek properti tumbuh cukup pesat. Baik yang dibangun korporasi, pemerintah, maupun masyarakat umum, dengan penjualan hampir merata untuk semua wilayah di Indonesia. Produk paling banyak yang diminati masyarakat, untuk wilayah Jatim dan Indonesia Timur 60 persen adalah keramik, sedangkan 40 persennya granit.

Selain menggarap pasar domestik, Milan Ceramics juga menggarap pasar ekspor. Dari total produksi, sekitar 20 persen untuk ekspor.(zum/nji)