SHARE
Harimau Sumatera 3 Dara bernama Rana, Rara, dan Rowi rayakan ultah ke-16

primaradio.co.id – Ada yang istimewa di Kebun Binatang Surabaya, pada Minggu (30/9). Tiga koleksi Harimau Sumatera di KBS berulang tahun ke-16 dan mendapat kado spesial untuk merayakan hari kelahirannya.

Perayaan yang dikemas dalam ‘Tiger Birthday Party’ bertempat di kandang sebelah Barat Kebun Binatang Surabaya sengaja digelar bagi Harimau Sumatera 3 Dara bernama Rana, Rara, dan Rowi. Layaknya perayaan ulang tahun, tiga dara juga mendapat kado. Sembari ketiga harimau Sumatera ini asyik membuka hadiah yang diberikan, pengunjung juga berkesempatan melihat dan mendapatkan edukasi terkait Harimau Sumatera dari para keeper yang senantiasa menjaga dan merawat ketiga harimau sumatera ini.

Direktur Utama (Dirut) perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS), Khoirul Anwar mengatakan kebun binatang Surabaya tidak hanya merayakan ulang tahun 3 Dara, tapi juga sekaligus meluruskan informasi bahwa seluruh koleksi harimau di KBS dalam kondisi sehat. Terpenuhi nutrisi dan animal welfare. “Mereka bisa bebas hidup di lingkungan dengan kandang yang baru, yang sudah direvitalisasi,” ungkap Khoirul.

Saat ini PDTS Kebun Binatang Surabaya memiliki 9 ekor Harimau Sumatera, dengan ratio 3 jantan dan 6 betina. Kondisi Harimau Sumatera yang ada di KBS memiliki rentang usia dari 8-22 tahun. Terdapat pula Harimau Sumatera yang sudah memasuki fase usia tua dan melewati batas usia hidup di alam, walaupun demikian tetap dirawat dengan baik dengan memberikan perawatan yang baik, peningkatan kesehatan dan nutrisi, peningkatan fasilitas untuk satwa (penataan kandang peraga disesuaikan dengan lingkungan alami dengan tetap menjaga nilai estetika, kenyamanan, keamanan, dan kesejahteraan bagi satwa).

Kedepannya, tambah Khoirul ada rencana regenerasi melalui proses breeding, termasuk pertukaran satwa. ‘Kita sudah berkoordinasi dengan Bali Zoo, Jatim Park, dan Bukit Tinggi,” tutup Khoirul. (bee)