SHARE

primaradio.co.id – Satlantas Polres Tanjung Perak, Surabaya mengatur ulang jadwal kendaraan pengangkut barang di Jalan Kalianak. Jadwal kendaraan pengangkut barang akan dibatasi akibat banjir yang masih menggenangi akses jalan yang dilalui kendaraan pengangkut. Pembatasan ini menjadi dua macam. Diantaranya, penutupan total bagi kendaraan pengangkut barang berlaku pada pagi hari mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Artinya kendaraan pengangkut barang tidak boleh melintas dari arah barat maupun timur.

Penutupan diberlakukan pada sore hari. Tapi penutupan yang dimulai pukul 16.00-19.00 WIB ini hanya berlaku bagi kendaraan pengangkut barang dari barat atau dari Gresik. Sedangkan kendaraan pengangkut barang dari Surabaya masih boleh melintas. Kendaraan pengangkut barang dari Gresik yang ingin menuju Jalan Kalianak dialihkan melalui tol.

Menurut Kasatlantas Polres Tanjung Perak, Bambang mengatakan bahwa Satlantas tak bisa menutup total Jalan Kalianak bagi kendaraan pengangkut barang pada sore hari. Penutupan total diberlakukan bila arus lalu lintas masih sangat padat. Bila arus lalu lintas lancar, kendaraan pengangkut barang bisa melintas dari timur. Pembatasan ini berlaku selama belum ada penanganan kerusakan di Jalan Kalianak. Kerusakan di Jalan Kalianak sudah sering menimbulkan korban. Terutama saat badan jalan dipenuhi air dari selokan. Sebab, lubang yang tertutup genangan air dan tidak ada tanda khusus di lubang tersebut.

Bambang juga tak dapat memastikan sampai kapan pembatasan operasional ini berlangsung. Pihaknya sudah kordinasi dengan pihak lain terkait kondisi Jalan Kalianak. Pembatasan operasional kendaraan pengangkut barang itu akan dievaluasi setiap pekan. Evaluasi perdana yang akan digelar Rabu (17/2/2016) nanti melibatkan banyak pihak, seperti Pemkot Surabaya dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJPN) V.(zum/nji)