SHARE

primaradio.co.id – Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata Indonesia kalah bersaing dengan negara di ASEAN. Di Asia Tenggara, SDM pariwisata Indonesia menduduki peringkat ke-5. Indonesia masih berada di bawah Singapura, Thailand, Malaysia dan Filipina. Sedangkan, di tingkat dunia Indonesia berada di rangking 53 dari 141 negara.

Indonesia masih jauh tertinggal dari Singapura yang berada di rangking ke-3 dunia. Bahkan, daya saing SDM Indonesia masih kalah oleh Filipina yang berada di peringkat 42 dunia.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Ahman Sya mengatakan bahwa ada tiga kelemahan SDM pariwisata Indonesia yang harus dibenahi. Diantaranya, penguasaan bahasa asing dan IT, serta managemen.

Ahman juga menambahkan, untuk mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman), pemerintah berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing SDM pariwisata. Di antaranya dengan memfasilitasi kegiatan sertifikasi bagi 35 ribu tenaga kerja sektor pariwisata dan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di 34 provinsi, serta pelatihan dasar pariwisata untuk 17.600 orang di seluruh Indonesia. (Zum/Nji)