SHARE
(ki-ka) Kdishub jatim Wahid Wahyudi dan Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Sekda Prov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi MM melepas pemberangkatan 380 pemudik yang menggunakan Kereta Api KRD Surabaya – Kertosono di Stasiun Surabaya Gubeng, Selasa(12/6). Pemberangkatan kereta KRD ini merupakan bagian dari Mudik Gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan PT KAI Daop 8 Surabaya.

Menurut. Akhmad Sukardi, kegiatan mudik gratis ini digelar untuk mensejahterakan masyarakat, agar masyarakat tidak mengeluarkan ongkos untuk transportasi, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang ada.

Adapun kereta api yang diberlakukan mudik gratis ini antara lain KA Dhoho, KA Penataran, KA Tumapel, KRD Bojonegoro – Sidoarjo, KRD Kertosono, dan ada 2 kereta api jarak menengah yaitu KA Probowangi, dan KA Tawangalun, dan akan diberangkatkan mulai tanggal 9-14 Juni 2018 untuk Arus Mudik. Sedangkan untuk Arus Balik akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juni 2018.

Selain Kereta Api, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Perhubungan juga menggelar kegiatan Mudik Gratis dengan menggunakan moda transportasi yang lain, seperti Kapal Laut dan Bus.

Sekda juga mengatakan, kegiatan mudik gratis ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat untuk beralih dari Kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi Massal. (alf/bee)