SHARE

primaradio.co.id – Untuk menjaga indeks sekolah di setiap PTN, setiap sekolah memastikan siswa pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak akan mengundurkan diri jika diterima.

Menurut Siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Eka Hady Rusmanto (19) mengatakan bahwa dirinya telah berkonsultasi tentang program studi (prodi) yang mau diambilnya. Hal ini agar dirinya tetap masuk PTN melalui SNMPTN, meski yang lolos merupakan prodi pilihan ke-3. Jika di terima di SNMPTN dan Politeknik, dirinya akan lebih memilih SNMPTN.

Sementara itu, Guru Bimbingan Konseling, Putri Rimba Miftaqul Kasanah menjelaskan selama sosialisasi SNMPTN, siswa yang berniat melanjutkan sekolah yang diperbolehkan mendaftar. Untuk itu hanya 50 siswa dari 389 siswa kelas XII yang diisikan datanya melalui PDSS.

Menurutnya siswa SMK biasanya memilih untuk bekerja dan kuliah di perguruan tinggi swasta. Namun, tren kuliah masih meningkat dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Sehingga fokus siswa tidak hanya pada nilai rapor, tetapi juga pada nilai UN, UKK dan US.