SHARE

primaradio.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mewajibkan sekolah yang tergabung dalam Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) wajib mengikuti Ujian Nasional (UN).

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud, Nizam, mengatakan bahwa Kemdikbud telah mensosialisasikan mengenai kewajiban mengikuti UN pada SPK. Siswa di SPK tersebut akan mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK). Dan para SPK itu telah mengikuti uji coba UNBK sekira dua pekan lalu.

Nizam juga menambahkan, sebelumnya siswa SPK mengikuti UN di sekolah lain. Namun untuk tahun ini, mereka harus mengikuti UN di sekolah mereka sendiri. SPK merupakan sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum luar negeri dengan pengantar bahasa asing di kelas. Sebelum berganti nama pada akhir 2014, sekolah-sekolah itu menggunakan nama internasional.

UN untuk tingkat SMA/MA/SMK akan diselenggarakan mulai 4 April. Sementara untuk tingkat SMP/MTS akan diselenggarakan 3 Mei. UN diselenggarakan melalui dua metode yakni ujian berbasis kertas dan ujian berbasis komputer. (zum/nji)