SHARE

primaradio.co.id – Dalam seminggu kedepan, harga gula di Jatim yang tembus Rp 17.000 per kilogram dipastikan normal kembali.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan bahwa setelah mencermati hanya gula yang terus naik, pihaknya telah meminta sejumlah pihak untuk melakukan kajian, perlunya dilakukan efisiensi harga gula. Hasilnya, didapat rumusan dan langkah yang akan dilakukan untuk stabilisasi dan menurunkan harga gula. Rumusan tersebut juga sudah diteken Pangdam dan Polda. Ditargetkan harga gula akan kembali normal menjadi Rp 12.000 atau dibawahnya. Patokan penurunan harga ke Rp 12.000 tersebut sesuai dengan instruksi dari Presiden Jokowi. Ini berarti, akan ada penurunan harga gula sebesar Rp 5.000 dari harga saat ini, Rp 17.000.

Soekarwo juga menambahkan, agar harga gula kembali normal adalah dengan mengecilkan margin keuntungan yang didapat dan memangkas tata niaga suplai gula di Jatim serta menggelar operasi pasar gula secara besar-besaran. Semua stok gula sebanyak 21.000 ton yang ada di Jatim akan dikeluarkan. Baik gula yang ada di gudang milik para pengusaha, dan PTPN XI. (zum/nji)