SHARE
Ilustrasi bulan (Foto: Time)

primaradio.co.id – Perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX merilis nama penumpang pertama yang akan pergi ke bulan. Dalam pernyataan seperti yang diwartakan VOA News pada Senin (17/9/2018), turis pertama yang bakal mengunjungi satelit Bumi itu adalah miliarder asal Jepang bernama Yusaku Maezawa. Maezawa merupakan pendiri dan pejabat eksekutif retail fesyen online Zozo.

Mantan drummer band punk itu akan melakukan perjalanan mengelilingi bulan pada 2023 dengan menggunakan kapal ruang angkasa Big Falcon Rocket (BFR).

Roket tersebut tengah dikembangkan oleh SpaceX sebagai bagian dari visi untuk mengomersialkan perjalanan antariksa. “Sejak saya masih kecil, saya sudah menyukai bulan. Itu selalu ada di sana dan terus menginspirasi kemanusiaan,” katanya, seperti dikutip CNBC.

Seperti diketahui, perjalanan terakhir manusia ke Bulan terjadi pada 1972. Misi Apollo menandai kunjungan terakhir manusia ke satelit Bumi tersebut. “Ini sebuah proyek saya rancang dan saya buat #dearMoon,” tulis Maezawa di Twitter. Dia mengaku akan pergi ke Bulan bersama dengan sejumlah seniman dari seluruh dunia. Namun, dia belum memutuskan siapa yang bakal ikut dalam misinya.

“Pada 2023, saya akan mengundang 6 hingga 8 seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dalam misi ke Bulan,” katanya.

Selama satu bulan terakhir, dia menggunggah pernyataan misterius dalam beberapa kicuan di Twitter. Dia menyatakan akan ada pengumuman besar sekitar pertengahan September ini. Kemudian, perusahaan pimpinan Elon Musk itu merilis nama turis pertama yang akan mengelilingi Bulan. (bee)

Sumber: Kompas