SHARE

primaradio.co.id – Prestasi membanggakan diraih Kota Surabaya di ajang Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2017 yang digelar di Jakarta akhir pekan lalu.

Tidak tanggung-tanggung, Kota Pahlawan mendapat empat penghargaan sekaligus. Surabaya tercatat sebagai pemenang di kategori Kota atau Kabupaten Terbaik Pada Upaya Menurunkan Rata-Rata Angka Kecepatan Kendaraan. Juga menjadi pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User).

Kemudian pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road). Menjadi pemenang utama untuk kategori Excellent City Kota dan Kabupaten.

Sebagai informasi, IRSA sendiri sudah lima kali digelar sebagai wujud apresiasi kepada kota dan kabupaten yang terbaik dalam menerapkan tata kelola keselamatan jalan. IRSA merupakan rangkaian program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!

Kampanye ini senagaja digagas dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah pusat, pemerintah daerah,lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

“Kami berharap pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi,” kata Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance.

Menurut Julian, sebanyak 120 kabupaten dan kota terlibat di ajang IRSA 2017. Dari 120 kabupaten/kota tersebut, terpilih 23 kabupaten/kota sebagai finalis. 23 kota dan kabupaten finalis dipilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya melalui tahap shortlisting.

Di tahun ini, IRSA mengusung tema Road Safety for Humanity. Tema ini menjadi salah satu atribut penilaian pada kategori Excellent City yaitu fasilitas pejalan kaki untuk masyarakat serta penyandang disabilitas yang nyaman dan berkeselamatan.

“Melalui IRSA, kami ingin mendorong pemerintah daerah untuk memenuhi serta menyediakan fasilitas pejalan kaki yang nyaman dan berkeselamatan bagi masyarakat khususnya penyandang disabilitas. Tidak hanya itu, dengan tema yang kami angkat ini, juga turutmemperingati hari disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember lalu,” pungkas Julian. (*)

sumber : surya