SHARE

primaradio.co.id – Adanya surat edaran dari Menteri Lingkungan Hidup tentang pembatasan penggunaan tas kresek akan di uji coba oleh Pemkot Surabaya dengan tempat uji coba di pasar dan sentra Pedagang Kaki Lima (PKL).

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya Ir Musdiq Ali Suhudi MT mengatakan bahwa dalam surat edaran, program pengurangan penggunaan kantong plastik ini masih tahap ujo coba. Untuk kota Surabaya di uji cobakan di pasar dan sentra PKL, selain di retail modern. Uji coba sesuai surat edaran itu dilakukan mulai 21 Februari 2016 hingga Juni 2016. Dalam uji coba ini, kota Surabaya dipilih sebagai pilot project bersama tiga kota lainnya. Dua diantaranya kota Bandung dan kota Balikpapan.

Dalam uji coba itu, diharapkan pasar dan sentra PKL bisa memberi pilihan kepada konsumen atau pembeli untuk membawa kantong tas kain. Dengan kantong tas kain yang harus beli itu, diharapkan bisa dipakai berkali-kali, hingga tidak perlu tas kantong plastik, yang ujung-ujung dibuang dan menjadi sampah yang tidak bisa diurai.(zum/nji)