SHARE
Kepala Bakesbangpol Jatim bersana Kapolda dan Pangdam saat launching gerakan Jatim Bermasker di Surabaya. Foto : Bidhumas Polda Jatim untuk Kominfo Jatim

primaradio.co.id – Saat ini di tengah pandemi Covid-19, sebagian wilayah Jawa Timur masih kategori zona merah, orange, dan kuning. Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim pun menargetkan Jatim bisa segera masuk zona hijau. Salah satu upaya yang kini dilakukan, yakni mencanangkan gerakan Jatim Bermasker.

Launching Gerakan Jatim Bermasker dilakukan oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Hadir pula Kepala Bakesbangpol Jatim, Jonathan Judianto mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat pencanangan di Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Kawasan Mojo, Surabaya, Kamis (8/6/2020).

Launching gerakan yang dilakukan serentak se-Jatim itu ditandai dengan penekanan tombol. Selain itu, sebagai simbol kegiatan ini, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya serta Kepala Bakesbangpol Jatim memberikan masker kepada masyarakat, seperti perwakilan PKK, Muslimat NU, Bhayangkari, Persit, serta perwakilan Karang Taruna. Selain itu, Kapolda Jatim juga memberikan simbolis bantuan berupa sembako dari Kapolri.

“Komitmen ini diharapkan terus dicanangkan oleh masyarakat, dengan harapan warna zona di Jatim bisa segera hijau, khususnya di Surabaya. Kita berdayakan komunitas ibu-ibu untuk membagikan masker di lingkungannya dan keluarganya. Ibu-ibu juga lebih luwes dalam bersosialisasi kepada masyarakat yang mungkin sampai saat ini masih alergi menggunakan maske,” kata Pangdam.

Kapolda menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan dalam jumlah banyak. “Sampai dengan hari ini, dari Polda dan Kodam ada sekitar 1,5 juta masker yang dibagikan pada masyarakat,” katanya.

Selain masker dari Forkopimda, pembagian masker juga dilakukan oleh Pemda dan pohak swasta. “Itu semua kita distribusikan ke Polres, nanti akan di distribusikan ke kampung tangguh yang ada di desa, dan ibu-ibu nanti yang akan membagikan maske,” pungkasnya. (*)

Sumber: Kominfo Jatim