SHARE

primaradio.co.id – Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak positif bagi pengguna jasa PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pasalnya, penurunan tiket KA mencapai 5 persen.

Menurut Humas PT KAI Daops 8 Jatim Suprapto mengatakan bahwa, kebijakan penurunan harga tiket kereta api mulai berlaku per 1 April 2016. Selain penurunan harga tiket karena faktor harga BBM yang juga turun, secara internal PT KAI mengeluarkan kebijakan tersendiri.

Suprapto juga menambahkan, PT KAI memberlakukan promo holiday dengan memberikan diskon atau potongan harga hingga 20 persen dari tarif normal. Misalnya KA Agro Anggrek tujuan Jakarta dari Surabaya hanya Rp240.000. Sebelumnya dengan kisaran Rp300 hingga Rp750.000. Hal sama berlaku untuk KA kelas eksekutif Agro Wilis jurusan Surabaya tujuan Bandung juga mengalami penurunan dari harga normalnya dengan kisaran Rp185-000 hingga Rp700.000 kini hanya Rp 185.000 berdasarkan potongan harga sesuai diskon sebesar 20 persen. Promo holiday untuk tiket KA berlaku bagi tujuh tujuan perjalanan jangka panjang ini khusus kelas bisnis dan eksekutif akan berlaku mulai 4-30 April. Potongan harga ini bertujuan menggairahkan pengguna jasa perkeretaapian di Indonesia PT KAI berharap bisa mengatrol animo masyarakat melalui penjualan tiket komersial, tiket kelas bisnis, dan eks ekonomi nonsubsidi.(zum/nji)