SHARE

primaradio.co.id – Resmi meninggalkan AS Roma pada akhir musim ini, Kapten Francesco Totti menjadi sorotan publik sepak bola dunia. Betapa tidak, Totti sendiri telah memberikan pengabdian yang luar biasa untuk Giallorossi dengan hanya berseragam Roma di sepanjang karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola.

Atas dasar itu, Francesco Totti akan mendapatkan penghargaan dari Presiden UEFA dalam waktu dekat. Penghargaan ini diberikan karena dedikasi Totti yang luar biasa kepada dunia sepakbola, khususnya AS Roma. Totti sendiri sejauh ini dikenal sebagai sedikit pemain yang berpredikat one man club. Ia sudah mengabdikan diri bagi tim Ibukota Italia tersebut, di mana ia tercatat membuat total 786 penampilan bagi AS Roma sepanjang karirnya.

Kesetiaannya terhadap Giallorossi membuat presiden UEFA, Aleksander Ceferin memberikan tribut atas karir Luar Biasa Totti di Roma. “Penghargaan Presiden UEFA adalah sebuah bentuk pengakuan atas pencapaian yang luar biasa, Sikap Profesional yang bagus, dan teladan Personal yang bagus,” tutur Ceferin di website resmi UEFA.

Sebagai catatan, UEFA President Awards ini sudah absen dalam dua tahun terakhir. Nama Josef Masopust dari Republik Ceko merupakan penerima terakhir penghargaan ini pada tahun 2014 silam, di mana nama-nama beken dunia sepakbola seperti Johan Cruyff, Franz Beckenbauer, Sir Bobby Charlton, Eusebio dan Alfredo Di Stefano pernah memenangkan penghargaan bergengsi ini.

Namun meski sudah memutuskan hengkang dari Olimpico, hingga kini Totti belum juga menunjukkan masa depannya. Sejauh ini, ia kerap dihubung-hubungkan dengan beberapa klub MLS yang memang berminta menggunakan jasanya. Namun apabila Totti memutuskan gantung sepatu, maka ia akan masuk dalam daftar pemain yang hanya membela satu klub disepanjang karirnya. Beberapa pemain tersebut, diantaranya Franco Baresi (AC Milan), Gary Neville (Man United), Paul Scholes (Man United), Paolo Maldini (AC Milan), Charles Puyol (Barcelona), dan Ryan Giggs (Man United). (joe)