SHARE

primaradio.co.id – Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi akan menaikkan daya saing di dunia kerja. Untuk mencapai hal itu, perguruan tinggi perlu menyiapkan tenaga dosen yang juga berkualitas.

Menurut Ditjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD, mengatakan bahwa Kementrian menaikkan slot beasiswa sebanyak 2.300 slot dalam negeri dan 400 slot untuk beasiswa luar negeri. Langkah tersebut guna menaikkan kualitas dosen dari 600 menjadi total 2.700. Anggaran dana yang disiapkan adalah sebesar Rp 250 miliar demi mendukung program peningkatan kualitas dosen.

Ali Ghufron juga menambahkan, beasiswa tersebut terbuka untuk semua dosen dari seluruh perguruan tinggi dengan maksimal usia 47 tahun dan universitas sasaran beasiswa berakreditasi minimal B. Terutama 51 ribu dosen yang masih S1, secepatnya harus segera melanjutkan sekolah karena sudah tidak boleh S1 mengajar S1 dan S2 mengajar S2. Jika tidak segera, bisa diberhentikan tunjangan profesionalnya.

Bidang studi yang diutamakan adalah yang mendukung pembangunan nasional, yaitu energi, kesehatan, swasembada pangan, dan material maju. (zum/nji)