SHARE
Ilustrasi Belanja Online

primaradio.co.id – Kegiatan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 telah diluncurkan pada hari ini, Rabu, 5 Desember 2018. Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menyedot perhatian masyarakat yang ingin membeli barang dengan memanfaatkan Harbolnas 2018.

“Harbolnas besok kami yakin akan bisa mencapai target Rp 7 triliun dari pelaksanaan kegiatan untuk tahun ini,” kata Yonathan dalam sambutanya saat meluncurkan Harbolnas 2018, Rabu.

Target yang dipatok tersebut meningkat jika dibandingkan pada tahun 2017 yang mencapai angka Rp 4 triliun. Adapun hasil studi yang dilakukan oleh lembaga survei Nielsen, pelaksanaan Harbolnas 2017 mampu mencetak transaksi hingga Rp 4,7 triliun.

Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia yang dimulai sejak tujuh tahun lalu. Penyelenggaraan kegiatan ini, melibatkan banyak pihak mulai dari pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media. Penyelenggaraan Harbolnas biasanya digelar setiap 12 Desember atau menjelang akhir tahun.

Yonathan mengatakan untuk tahun ini sebanyak 300 pemain atau pelaku industri yang akan terlibat. Selain itu, untuk tahun ini, pelaksanaan Harbolnas juga akan melibatkan banyak penjualan maupun pengusaha lokal yang memproduksi brand lokal atau produk lokal.

Karena itu, kata Yonathan, untuk mendukung pelaku industri lokal, produk dan brand lokal, puncak Harbolnas 2018 akan digelar tidak hanya satu hari tetapi dua hari yakni 11-12 Desember 2018. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan untuk mendorong produk dan brand lokal. (bee)

Sumber: Tempo