SHARE

primaradio.co.id – Asisten Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Frank La Rue mengatakan, perlunya solusi untuk menekan kekerasan terhadap jurnalis di seluruh dunia.

Menurut Frank, pihaknya meyakini, keamanan jurnalis adalah topik utama dan harus dicarikan solusi untuk permasalahan itu. Frank menambahkan, peningkatan terhadap jaminan kebebasan pers dalam pelaksanaan di lapangan juga perlu dicari solusinya.

Gagasan itu akan diimplementasikan melalui rencana kerja PBB ihwal keamanan jurnalis. PBB telah mengadopsi sembilan resolusi internasional selama implementasi rencana kerja PBB, ditambah sejumlah pelatihan pembangunan kapasitas dan kampanye pandangan, sebagaimana dilakukan penelitian akademik dan pembagian informasi.

Sementara khusus di ASEAN, PBB berharap pemerintah berkuasa di negara-negara ASEAN dapat mendukung rencana kerja itu, mengingat ada banyak permasalahan yang dialami insan pers di kawasan Asia Tenggara. (joe)

Sumber : Tempo