SHARE
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Resmikan Museum Dr. Soetomo

primaradio.co.id – Setelah museum HOS Tjokroaminoto, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kali ini meresmikan museum pahlawan nasional Dr. Soetomo di Gedung Nasional Indonesia Jalan Bubutan Rabu (29/11). Gedung yang biasa dikenal bagian pendopo untuk acara pernikahan ini memiliki bangunan kokoh dibagian belakang untuk dijadikan museum.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan, tujuan dibuatnya museum Dr. Soetomo ini agar generasi muda bisa belajar dari pahlawan nasional Dr. Soetomo yang tidak hanya mementingkan dirinya sendiri tapi juga memperjuangkan nasib bangsa.

“Kita punya situs yang luar bisa yaitu Gedung Nasional Indonesia dan ada makam Dr. Soetomo. Anak-anak bisa belajar tentang bagaimana saat itu Dr. Soetomo seorang dokter tapi juga secara politik memperjuangkan nasib bangsanya bukan hanya untuk dirinya sendiri, “kata Risma kepada reporter Primaradio.

Risma mengatakan bahwa dengan adanya museum Dr. Soetomo, anak-anak Surabaya bisa belajar bahwa mereka itu anak-anak dan cucu-cucu pejuang. Semangat itu yang mereka resapi agar tidak pernah kenal menyerah.

Wali kota yang telah menerima banyak penghargaan internasional ini juga menaruh harapan kepada anak anak agar mampu belajar dan mengeluarkan ide ide kebangsaan untuk membangun bangsa yang lebih baik. “Kedepan, ide kebangsaan harus terus didorong, agar anak bangsa tidak mudah rapuh dan dipecah belah karena dihasut isu-isu rasis,” jelas wali kota kelahiran Kediri itu.

Museum Dr. Soetomo yang memiliki 2 lantai ini diisi dengan sejarah perjalanan hidup Dr. Soetomo seperti foto kenangan bersama teman, kerabat, dan keluarga di lantai 1, serta barang bersejarah seperti peralatan medis asli dari rumah sakit peninggalan Dr. Soetomo yang dipajang dibeberapa sudut ruangan lantai 2. (ria/bee)