SHARE

prmaradio.co.id – Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tolak ukur indeks kemudahan berbisnis (easy of doing business index). Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh World Bank (Bank Dunia), Indonesia berada pada peringkat 109 dari 180 negara dalam hal kemudahan berbisnis.

Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempertanyakan data yang digunakan oleh World Bank. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah kota (pemkot) Surabaya telah memberikan kemudahan berbisnis bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Selain itu, Risma juga meragukan koresponden dari survei mengenai pajak yang dilakukan oleh World Bank. Saat ini pemkot Surabaya bahkan telah mempermudah pengurusan pajak hingga menggunakan sistem online.

Sekedar diketahui, dalam waktu lima tahun terakhir Surabaya telah memiliki sekitar 3.000 UKM dari total UKM pada tahun 2010 sebesar 92 UKM pada tahun 2010. Diakui peningkatan jumlah UKM berbanding lurus dengan kemudahan berbisnis yang diberikan oleh pemkot Surabaya.