SHARE
Sun protection

primaradio.co.id – Salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ialah dengan menggunakan sunscreen. Namun pemakaian sunscreen ternyata juga terdapat efek sampingnya.

Berikut efek samping yang ditimbulkan sunscreen. Pertama, Iritasi ringan pada mata. Ketika diaplikasikan ke mata, sunscreen dapat menyebabkan iritasi ringan. Jika mengalami rasa seperti terbakar pada mata, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Kedua, alergi kulit. Karena mengandung bahan-bahan kimia, sunscreen dapat juga menyebabkan alergi pada kulit, rasa gatal, bahkan hingga bengkak. Sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen yang ‘hypoallergenic’ yaitu tidak menyebabkan alergi. Ahli kulit menyebutkan sunscreen yang mengandung zat zinc oxide jauh lebih aman untuk digunakan.

Ketiga, kulit kering. Menggunakan sunscreen dapat juga mengakibatkan kulit menjadi kering untuk sebagian orang. Jika merasa kulit menjadi kering setelah penggunaan sunscreen sebaiknya segera berkonsultasi ke ahli kulit atau dermatologist dan mengganti produk sunscreen. Keempat, memperparah jerawat. Penggunaan sunscreen memunculkan peluang untuk memperparah jerawat. Disarankan jika tetap ingin menggunakan sunscreen, pilihnya produk yang non-oily alias tidak berminyak. Dan terakhir adalah menimbulkan ruam. Untuk yang memiliki jenis kulit sensitive, menggunakan sunscreen dapat menimbulkan ruam pada kulit. Konsultasikan terlebih dahulu ke ahli kulit sebelum memilih produk-produk yang cocok dengan kulit.(zum/nji)