SHARE

primaradio.co.id – Puncak cuaca buruk dengan curah hujan tinggi diprediksi akan terjadi selama satu minggu ke depan. Enam hari ke depan, curah hujan sampai pada puncaknya. Tidak hanya itu, hujan deras ini juga dibarengi dengan petir dan angin kencang (ribut).

BMKG Juanda menyampaikan bahwa pada awal Februari 2016 ini sebagian wilayah Indonesia sedang dalam masa puncak musim hujan. Kondisi atmosfer juga menunjukkan berbagai fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang lebih intensif dalam beberapa waktu kedepan.

Menurut petugas pantau cuaca BMKG Juanda Taufik Hermawan mengatakan bahwa hal ini ditandai dengan kondisi monsoon Asia yang intensif disertai kondisi seruakan dingin (cold surge) yang terindikasi menguat.

Taufik juga menambahkan, mengingat awan yang terbentuk begitu tebal. Kondisi ini mengakibatkan munculnya hujan lebat yang akan dominan. Sesuai titik-titik yang menjadi konsentrasi curah hujan lebat dan angin itu terjadi di wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara. Sementara diperkirakan potensi angin kencang, petir dan hujan es juga akan terjadi di beberapa wilayah.(zum/nji)