SHARE

primaradio.co.id – Kanker pankreas sering disebut sebagai silent killer, karena gejala-gejalanya sering tidak terdeteksi. Hal ini karena gejala kanker pankreas sering dikira pertanda penyakit lain. Bahkan, kondisi-kondisi kesehatan tertentu sering tidak disadari sebagai gejala kanker pankreas.

Berikut gejala-gejala kanker pankreas yang sering tidak disadari seperti, Pertama, berat badan turun. Turunnya berat badan tanpa sebab dapat menjadi pertanda berbagai penyakit, termasuk peringatan dini kanker pankreas. Kehadiran sel-sel kanker di pankreas dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba. Kedua, mual. Kanker pankreas menyebabkan kekacauan di perut, sehingga sulit untuk mencerna makanan. Orang yang menderita penyakit ini sering mengeluh mual dan muntah setelah makan.

Ketiga, kehilangan nafsu makan. Catatan menunjukkan bahwa orang yang menderita kanker pankreas sering mengeluhkan kehilangan nafsu makan hanya beberapa bulan sebelum kanker terdeteksi. Jadi, jangan abaikan gejala hilangnya nafsu makan, karena bisa jadi pertanda dini kanker pankreas. Dan terakhir adalah gerakan usus bermasalah. Sel-sel kanker mencegah sistem pencernaan mencerna makanan berlemak. Hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti kembung, sembelit dan peringatan dini kanker pankreas. (Zum/Nji)