Aplikasi Pembaca Resep Dokter Sudah Hadir Memudahkan Pasien

Primaradio.co.id – Aplikasi pembaca resep dokter kini sudah hadir dan memudahkan para pasien. Mungkin kalian mengalami kesulitan dalam membaca tulisan resep dokter. Namun saat ini sudah tidak perlu khawatir lagi karena kecanggihan teknologi bakalan memudahkan segala macam aktivitas penggunanya sehari-hari.

Baca juga : 5 Aplikasi Camera Terbaik untuk Android Gratis

Serangkaian kata yang sudah dituliskan oleh dokter pada kertas untuk resep obat saat ini sudah bisa kalian ketahui dengan menggunakan layanan aplikasi Google. Fitur ini pun telah dikembangkan dengan artificial intelligence atau AI guna membaca tulisan resep dokter. Jika kalian ingin mengenalnya lebih jauh mengenai aplikasi ini bisa simak di bawah ini.

Aplikasi Pembaca Resep Dokter Melalui Google Lens

aplikasi pembaca resep dokter

Pada umumnya, dokter akan menuliskan resep begitu cepat sehingga tulisan yang ada pun membuat pasien mengalami kesulitan dalam membacanya. Sekarang ini, perusahaan raksasa teknologi Google telah mengumumkan fitur terbaru pada akhir tahun 2022 lalu.

Fokusnya, Google sudah merancang untuk aplikasi pembaca resep dokter bagi para pasien. Google juga sudah menjalin kerja sama dengan para apoteker guna membuat fitur di dalam aplikasi Google Lens sehingga dapat membaca resep medis pun bisa diketahui pengguna.

Seperti yang diketahui bahwa Google Lens ini merupakan alat pengenal objek serba guna dengan tenaga AI yang bisa digunakan untuk mendeteksi objek seperti halnya gambar, produk, dan lain sebagainya serta bisa pula menerjemahkan bahasa.

Fitur Google Lens ini menjadi teknologi yang bisa mempermudah dokumen medis berupa tulisan tangan untuk apoteker lebih mudah memahaminya. Untuk sekarang ini, masih belum ada detail lebih lanjut kapan fitur ini diluncurkan karena masih dalam tahapan pengembangan lebih lanjut namun bisa kalian gunakan selain aplikasi pembaca resep dokter.

Dengan bantuan dari tenaga profesional, pihak Google akan segera melakukan pengembangan lebih lanjut lagi pada teknologi satu ini. Perusahaan Google ini juga sudah menggunakan menyalin catatan tulisan tangan secara digital, namun masih dalam tahapan pengembangan agar dapat digunakan oleh para pengguna.

Fakta Seputar Google Lens Aplikasi Pembaca Resep Dokter Terbaru

Perusahaan Google sedang dalam tahapan pengembangan aplikasi pembaca resep dokter ini guna memudahkan para tenaga apoteker membaca tulisan tangan tersebut. Aplikasi Google Lens ini bisa mengambil foto maupun mengunggah resep dari galeri foto, lalu menemukan dan memilih jenis obat-obat yang tertera di dalamnya.

Pihak Google pun sempat memperlihatkan teknologi tersebut dan juga menjelaskan bahwa fitur pembaca resep dokter telah dihadirkan langsung oleh Google Lens. Harapannya pun dengan teknologi tersebut akan mempermudah para tenaga apoteker tanpa harus menggantikan peran mereka.

Fitur terbaru dari aplikasi Google ini masih dalam tahapan pengembangan lebih mendalam. Berikut ini ada beberapa fakta seputar aplikasi pembaca resep dokter dari perusahaan Google seperti :

  1. Perusahaan teknologi raksasa Google dalam proses tahapan pengembangan aplikasi prototype supaya bisa membantu tenaga apoteker untuk menerjemahkan hasil tulisan tangan dokter dari resep obat,
  2. Aplikasi Google Lens akan memilah jenis obat-obat yang sudah tertulis dalam resep dokter pada pusat data,
  3. Aplikasi ini bisa digunakan bersamaan dengan tenaga apoteker untuk menemukan jenis obat yang sesuai dengan resep dokter,
  4. Sekarang ini, teknologi dari Google Lens ini masih belum dipastikan kapan dirilisnya.

Manfaat Aplikasi Pembaca Resep Dokter dari Google Lens

Untuk mencari obat dokter, pihak farmasi kadang memakan waktu karena harus membaca resep terlebih dahulu. Aplikasi yang digunakan untuk membaca resep dokter dari fitur Google Lens bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Dibawah ini ada beberapa manfaat yang layak kalian ketahui seperti :

  1. Meminimalisir Adanya Kesalahan 

Aplikasi pembaca resep dokter ini meminimalkan kesalahan dari tenaga apoteker saat sedang membaca resep dari dokter. Hal ini pun bisa kalian coba dengan menggunakan aplikasi, para pengguna kini bisa dengan mudahnya memasukkan data resep dokter melalui aplikasi tersebut.

Seluruhnya akan terdigitalisasi secara optimal sehingga kesalahan dalam proses input ataupun membaca resep tidak terjadi lagi. Fitur aplikasi Google Lens ini pun bisa memudahkan kalian mencari dan memahami tulisan resep dokter.

  1. Lakukan Verifikasi Resep Dokter Secara Mudah

Kadang, petugas apoteker akan mengalami kesulitan saat sedang membaca resep obat dokter. Hal ini pun jelas akan dilakukan dengan cara melakukan validasi kembali kepada dokter. Semua ini bakalan memakan waktu yang relatif lama.

Dengan adanya aplikasi pembaca resep dokter Google Lens ini, maka jauh lebih mudah petugas akan mencari obat tanpa harus bertanya kembali kepada pihak dokter.

  1. Obat Lebih Cepat Disiapkan

Aplikasi dari Google Lens ini bisa mempermudah pengguna untuk menyediakan jenis obat sesuai dengan resep dari dokter. Semua ini pun dikarenakan kemudahan memudah resep dokter dengan menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Tersedia Laporan Data Medis

Perlu kalian pahami bahwa rekam jejak medis pengobatan pasien bisa saja disimpan dalam aplikasi Google Lens ini. Aplikasi tersebut bukan hanya bisa membaca tulisan tangan dokter saja, melainkan laporan pengobatan dari para pengguna. Hal ini akan memudahkan kalian mengetahui riwayat kesehatan yang perlu diperhatikan dengan seksama lagi.

  1. Jaminan Keamanan Data Sudah Terjamin

Obat-obatan merupakan jenis informasi data diri yang sangat penting dan bersifat sensitif sekali sebab hanya berdasarkan pada anjuran dokter saja. Di samping itu pula, sangat berbahaya sekali bila memberikan obat yang tidak sesuai dengan pasien sehingga dapat berakibat fatal.

Dengan adanya aplikasi pembaca resep dokter Google Lens ini, maka pengguna bisa langsung membaca resep obat tersebut secara jelas dan terhindar dari kesalahan pemberian dosis dan lain sebagainya. Hal tersebut juga dapat mencegah bahaya dari kesalahan obat yang mungkin saja terjadi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini