5 Aplikasi Penguras Baterai Android hingga Cara Mengatasinya

Primaradio.co.id – Menyadari betapa menjengkelkannya ketika smartphone mati di tengah hari akibat aplikasi penguras baterai Android, tepat saat dibutuhkan. Namun, tahukah bahwa beberapa aplikasi memiliki reputasi sebagai penguras baterai utama? 

Baca juga : SehatQ Apk Booking dan Tanya Dokter for Android & iOS 2023

Diantaranya termasuk yang populer. Jelas, ada faktor lain selain aplikasi yang dapat memengaruhi masa pakai baterai, jadi pastikan untuk mengetahui kemungkinan penyebab baterai Android lebih cepat habis dari biasanya.

Aplikasi apa pun dapat menghabiskan baterai jika digunakan terus menerus sepanjang hari. Beberapa aplikasi bahkan tidak membutuhkan banyak sumber daya. Pertimbangkan aplikasi penguras baterai Android seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Tentu saja, menonton film dan menggulir gambar tanpa henti akan menggunakan lebih banyak sumber daya. Mirip dengan bagaimana memainkan game dapat dengan cepat menguras baterai apa pun. 

Fakta bahwa aplikasi yang sering digunakan membuat tampilan tetap menyala untuk waktu yang lama, adalah faktor lain yang berkontribusi pada konsumsi baterai yang tinggi. 

Faktor Penentu Pada Aplikasi Penguras Baterai Android

Beberapa program dalam Android bekerja siang dan malam untuk mengkompilasi data, mengirimkan peringatan saat informasi baru tersedia, dan banyak lagi. 

Meskipun memiliki aplikasi yang berjalan terus menerus di latar belakang adalah bagian besar dari apa yang membuat smartphone begitu indah dan berguna, itu akan mengurangi masa pakai baterai, antara lain:

  1. Layanan Berbasis Tempat

Aplikasi apa pun yang menggunakan layanan lokasi akan menyebabkan baterai cepat habis. Ini termasuk GPS, triangulasi menara ponsel, dan koneksi internet. 

Kemungkinannya adalah program apa pun yang memerlukan lokasi, seperti navigasi atau layanan ride-sharing, menguras baterai lebih cepat dari biasanya.

  1. Kelebihan Peringatan

Pemberitahuan push terus-menerus merangsang layar dan mungkin menggoda seseorang untuk menggunakan perangkat lebih sering, yang berarti program bekerja keras di latar belakang.

Mengatasi Aplikasi Penguras Baterai Android

Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga kesehatan umum baterai ponsel Android:

  1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Mengaktifkan mode hemat daya (penghemat baterai) adalah pendekatan tercepat untuk menghemat baterai ponsel paling banyak. 

  1. Nonaktifkan Layanan Lokasi

Mematikan fitur lokasi di ponsel adalah salah satu metode terbaik untuk menghemat masa pakai baterai. Hapus juga izin lokasi dari program apa pun yang tidak selalu membutuhkannya. 

Dengan melakukan ini, mencegah aplikasi penguras baterai Android di latar belakang, semakin menghemat masa pakai baterai.

  1. Ubah ke Mode Gelap

Jika ponsel memiliki layar AMOLED, menggunakan tema gelap akan meningkatkan masa pakai baterai secara signifikan. Latar belakang dengan warna hitam pekat dapat mematikan piksel individual.

  1. Non-aktifkan Wi-Fi Secara otomatis

Sejak rilis Oreo, Android memiliki fungsi yang terus mencari jaringan Wi-Fi yang tersedia bahkan saat Wi-Fi dinonaktifkan. Layanan tersebut diam-diam menguras baterai karena terus berjalan di latar belakang.

Pilihan lainnya adalah mengaktifkan mode gelap di aplikasi Android yang kompatibel seperti WhatsApp, Twitter, YouTube, Gmail, dan banyak lainnya.

  1. Blokir Akses ke Data Latar Belakang

Menonaktifkan konsumsi data seluler latar belakang untuk aplikasi penguras baterai Android apa pun yang tidak seharusnya. Hasilnya, masa pakai baterai tetap terjaga.

  1. Gunakan Aplikasi Web Ringan atau Progresif sebagai Gantinya

Dengan beralih ke aplikasi web ringan atau progresif, dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel tanpa banyak berkorban. Ini adalah variasi ringkas dari aplikasi berbasis browser.

Perusahaan menyediakan ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna di ponsel dengan daya terbatas. Aplikasi tersebut hanya menggunakan lebih sedikit sumber daya. 

  1. Ubah Preferensi Sinkronisasi 

Pemberitahuan sangat penting. Tetapi jika merasa itu mengganggu dan membenci rentetan ping yang konstan, mungkin mempertimbangkan untuk mematikan sinkronisasi otomatis sepenuhnya. 

Deretan 5 Aplikasi Penguras Baterai Android yang Perlu Diwaspadai

Jika baterai ponsel terus-menerus lemah dan tidak yakin mengapa, perlu disadari bahwa beberapa aplikasi dan proses latar belakang terus menghabiskan banyak masa pakai baterai.

Identifikasi aplikasi yang paling banyak menghabiskan masa pakai baterai di ponsel dan hapus untuk meningkatkan masa pakai baterai. Di bawah ini adalah deretan aplikasi yang menguras baterai:

  1. Instagram

Instagram adalah tentang melihat banyak gambar dan video. Instagram terkenal dengan pra-pemuatan materi yang agresif sehingga dapat mengikuti pengguliran cepat, yang berarti akan menonton untuk sementara waktu. 

Salah satu aplikasi penguras baterai Android ini menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain, karena Instagram juga menggunakan layanan berbasis lokasi untuk menghadirkan pengalaman yang dilokalkan.

  1. Snapchat

Seperti yang dapat dilihat, porsi yang cukup besar dari aplikasi yang paling boros baterai adalah jejaring sosial dan perpesanan. Pengecualiannya bukan hanya Snapchat. 

Karena tampaknya memenuhi semua kriteria, yang satu ini sangat menguras baterai. Aplikasi ini sangat bergantung pada layanan lokasi dan juga sangat terfokus pada foto dan video. 

Meskipun merupakan perangkat lunak perpesanan yang cukup pribadi, Snapchat terkenal dengan baterai yang cepat habis, sehingga privasi seseorang tidak akan terlindungi untuk waktu yang lama.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini