Arti Kata Sundala Adalah Bagi Sulawesi, Istilah Viral Tiktok

Penasaran dengan arti kata Sundala yang saat ini sedang viral di media sosial? Simak pembahasan selengkapnya hanya di Primaradio.

Para pengguna aktif Tiktok mungkin pernah mendengar atau melihat komentar menggunakan kata ‘Sundala’. Beberapa orang pastinya merasa asing dengan istilah kata tersebut dan penasaran dengan artinya.

Apalagi jika kata tersebut terbilang baru, tetapi sering disebut katanya pada saat tertentu. Kira-kira Arti Kata Sundala? Sebelum mengucapkan atau menuliskan sebuah kata maka pastikan tahu dulu apa maknanya agar tidak terjadi kesalahanan.

Asal Kata Sundala

Orang-orang bisa dengan mudah menemukan bahasa baru melalui media sosial atau internet. Disana tempat seluruh masyarakat bisa memberikan komentar dalam bentuk apapun dan menggunakan bahasa apapun.

Banyak juga orang-orang yang memakai bahasa daerah ketika mengomentari sesuatu hal. Ketika suatu kata sering digunakan oleh masyarakat maka orang lain yang tidak berasal dari daerah tersebut ingin tahu apa artinya.

Salah satunya adala istilah Tiktok yang lagi viral belakangan ini, yaitu ‘Sundala’. Banyak orang yang menggunakan kata tersebut dan membuat pengguna lain menjadi penasaran mengenai Arti Kata Sundala itu sendiri apa.

Sundala merupakan kata yang berasal dari daerah Indonesia, yaitu Sulawesi atau tepatnya Makassar. Sundala ini memiliki arti kata dan juga konotasi tersendiri yang tidah boleh sembarangan diucapkan.

Nah, di bawah ini kami akan membahas lebih dalam lagi mengenai Arti Kata Sundala dalam Makassar bahasa Sulawesi. Semoga sehabis membaca artikel Primaradio hari ini, kalian tidak asal menyebut kata Sundala karena sudah tahu apa artinya.

Arti Kata Sundala Yang Lagi Viral Di Tiktok

arti-kata-sundala-sulawesi

Belakangan ini banyak warga Tiktok yang mempertanyakan soal Arti Kata Sundala Sulawesi. Mungkin sampai saat ini kamu pun belum menemukan apa arti kata Sundala itu.

Sundala ini adalah bahasa yang berasal dari daerah Makassar dan tidak bisa sembarangan diucapkan begitu saja. Mengapa? Sundala memiliki arti kata yang berkonotasi negatif sehingga tidak baik jika dipakai dalam ucapan sehari-hari.

Bagi orang Sulawesi sendiri, Sundala ini berarti makian yang sangat kasar. Kata tersebut tidak bisa sembarangan diucapkan begitu saja mengingat makna dari bahasanya yang kurang sopan.

Biasanya kata ini terucap ketika berbicara dengan orang yang cukup menjengkelkan dan memiliki sikap yang tidak sopan. Sundala ini bukanlan bahasa gaul Sulawesi, melainkan memang bahasa asli dari daerah tersebut.

Jika kamu bukanlah orang Makassar ataupun Sulawesi maka harus tahu apa arti kata sundala ini agar tidak asal mengucapkannya. Apalagi bila berada di daerah asli bahasa tersebut maka harus sangat berhati-hati.

Karena pada saat kalian melontarkan kata tersebut dengan orang asli Makassar maka itu bisa berakibat buruk. Bisa jadi mereka akan tersinggung karena Sundala sendiri memiliki arti makian dan konotasinya pun sangat negatif.

Jadi, usahakan kalau mau menggunakan sebuah kata di media sosial atau dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan sudah tahu apa artinya sehingga tidak menyinggung masyarakat atau lawan bicara.

Arti Kata Sundala Menurut KBBI

Sundala ini ternyata juga sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Untuk artinya tidak jauh berbeda dengan arti asli dari Sulawesi.

Menurut KBBI, Sundala ini memiliki arti wanita malam atau wanita bayaran yang arah konotasinya juga negatif. Namun, kalau di Sulawesi memang kata Sundala merupakan kata makian yang dilontarkan kepada lawan bicara.

Tidak ada orang yang mau diumpat semacam ini karena arti katanya sangatlah tidak baik. Untuk itu, kamu juga harus hati-hati dalam penggunaan kata Sundala dan jangan asal mengatakannya terutama kepada orang lain.

Jenis Penyebutan Kata Sundala Beserta Artinya

Di daerah Makassar, Sundala memiliki beberapa jenis penyebutan dan artinya pun mirip-mirip. Apabila kamu menemukan salah satu kata sebutan di bawah ini maka jangan sampai menggunakannya sembarangan.

Informasi disini bisa membantu kalian untuk menambah pengetahuan seputar bahasa daerah Indonesia. Jadinya, ketika datang langsung ke daerah Sulawesi dan melihat atau ada orang yang berkata bahasa tersebut ke kalian.

Kalian sudah tahu artinya dan jangan sampai kata itu keluar dari mulutmu pada saat yang tidak tepat. Ini dia penyebutan Sundala beserta artinya.

  • Sundala (Sundel) : Dalam bahasa Indonesia artinya adalah perempuan jalang. Kata yang bisa menimbulkan pertengkaran jika digunakan dalam percakapan langsung maupun tidak langsung.
  • Anassundala : Memiliki arti kata anak haram dan memiliki konotasi yang lebih negatif dibandingkan ‘Sundala’ saja.
  • Suntili : Merupakan singkatan dari Sundala tiga kali dan ini adalah umpatan yang paling kasar

Ingat bahwa Sundala ini merupakan bahasa negatif yang sangat tidak cocok untuk dipakai dalam bahasa sehari-hari. Sebagai pengguna media sosial, lebih baik cukup tahu saja mengenai arti kata Sundala dan jangan sampai diimplementasikan dalam kehidupan.

Itu dia informasi yang bisa Primaradio berikan mengenai Arti Kata Sundala Untuk Orang Sulawesi. Mau tahu istilah Tiktok yang lagi viral lainnya? Cari informasi selengkapnya di Primaradio.co.id.

Artikel Serupa :

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini