Awal Puasa Ramadhan 2023 – Muhammadiyah, NU & Pemerintah

Tidak terasa sekarang ini sudah memasuki akhir bulan Syaban dan artinya sebentar lagi akan masuk ke bulan Ramadhan. Nah, untuk yang masih belum tahu awal puasa bulan Ramadhan akan jatuh di tanggal berapa dan hari apa, bisa langsung simak pembahasan kali ini.

Memang bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling umat muslim tunggu-tunggu karena bulan yang satu ini merupakan bulan yang penuh dengan kebahagiaan. Salah satunya, umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Namun, di Indonesia, awal puasa atau hari kapan jatuhnya hari pertama puasa itu sering menjadi pertanyaan.

Pasalnya untuk menentukan jatuhnya awal puasa harus melihat hilal terlebih dahulu. Nah, maka dari itu, untuk yang penasaran dan ingin tahu kapan sih awal puasa akan umat islam laksanakan, bisa langsung simak pembahasan berikut ini. Kami akan sampaikan pembahasan lengkapnya.

Kapankah Awal Puasa Ramadhan 2023 Ini?

awal-puasa-ramadhan-2023

Memang saat ingin memasuki bulan Ramadhan atau awal puasa, perbedaan penetapan awalnya sering sekali terdapat perbedaan. Hal ini sudah sangat lumrah terjadi di negara Indonesia. Seperti saja, puasa di tahun 2022 atau 1443 H yang mana ada sebagian dari umat islam telah melaksanakan puasa lebih dahulu dibandingkan umat islam yang lainnya.

Nah, memang perbedaan yang kita alami ini sering terjadi karena adanya perbedaan metode dalam pengambilan hukumnya atau istinbath dan bisa juga terjadi karena perbedaan dalam memahami dalil atau nash.

Untuk tahun ini, memang sudah banyak yang bertanya-tanya apakah ada perbedaan lagi awal puasanya seperti tahun yang lalu atau malah tahun ini kembali untuk memulai puasa bersama-sama. Maka dari itu, kami akan sampaikan pembahasannya ini.

Di bawah ini sudah akan kami siapkan pembahasan awal puasa yang versi NU dan pemerintah serta versi dari Muhammadiyah. Kalau begitu, supaya lebih jelas, langsung saja menyimak pembahasan yang ada di bawah ini.

Awal Puasa Ramadhan 2023 Versi NU dan Pemerintah

Untuk pembahasan yang pertama ini adalah awal puasa Ramadhan dari versi NU (Nahdlatul Ulama) dan juga pemerintah. Memang biasanya baik NU atau pun pemerintah menetapkan jatuhnya awal bulan Ramadhan melalui sidang isbat. Nah, biasanya sidang isbat ini dilakukannya ketika akhir bulan Syaban.

Tujuannya supaya hilal terlihat dan dari situlah nanti baru muncul kapan penetapan awal umat islam berpuasa. Namun, sampai saat ini hari pertama atau awal puasa bulan Ramadhan ini belum ketahuan. NU dan pemerintah juga belum mengadakan sidang isbat untuk penentuan 1 ramadhan.

Tetapi, kalau kita lihat dari kalender, awal berpuasa itu akan jatuh antara tanggal 22 Maret dan 23 Maret. Pasalnya kan perhitungan puasa itu 30 hari dan di kalender juga tertera hari libur lebaran atau hari Raya Idul Fitri di tanggal antara 22 Maret dan 23 Maret.

Namun, kami ingatkan tanggal di atas merupakan tanggal prediksi yang belum tahu kebenarannya. Jika ingin mengetahui kebenaran kapan awal berpuasa, maka bisa menunggu hasil dari sidang isbat nanti.

Awal Puasa Ramadhan 2023 Menurut Muhammadiyah

Nah, pembahasan yang selanjutnya ini adalah awal puasa Ramadhan versi atau menurut Muhammadiyah. Memang sampai saat ini baru Muhammadiyah saja yang mengumumkan kapan jatuhnya 1 Ramadhan.

Muhammadiyah mengumumkan awal puasa Ramadhan atau jatuhnya 1 Ramadhan adalah di tanggal 23 Maret 2023. Penentuan tersebut dikeluarkan berdasarkan dari hisab hakiki wujudul hilal. Penentuan ini juga tercantum di dalam maklumat yang terkait dengan Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, Dzulhijah 1444 H, Maklumat PP Muhammadiyah No 1/MLM/I.0/E/2023.

Itulah penetapan dari awal puasa Ramadhan 2023 yang ada dari berbagai versi, yaitu versi NU, pemerintah dan juga Muhammadiyah.

Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan Dalam Islam

awal-puasa-ramadhan-2023

Setelah melihat penetapan 1 Ramadhan menurut berbagai versi, maka sekarang ini pembaca juga bisa mengetahui tentang keutamaan di bulan Ramadhan. Di dalam agama islam memang terdapat beberapa keutamaannya. Maka dari itu, supaya mengetahuinya kami akan sampaikan beberapa keutamaan puasa di bulan Ramadhan dalam agama islam berikut ini.

  • Membersihkan diri dari kesalahan dan dosa di masa lalu.
    Puasa dalam agama islam ini memang merupakan salah satu kesempatan umat islam untuk membersihkan diri dari segala kesalahan-kesalahan dan kekhilafan yang terjadi di masa lalu. Maka dari itu, bulan Ramadhan dijuluki sebagai yang penuh keberkahan.
  • Memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT.
    Ibadah puasa ini merupakan salah satu ibadah yang memiliki sifat wajib. Jadi, semua umat islam diwajibkan berpuasa. Puasa ini juga akan bisa meningkatkan keimanan dan juga ketakwaan umat islam. Selain itu, bisa juga menjadi momentum untuk lebih memperkuat hubungan kita sebagai umat islam kepada Allah SWT.
  • Mendapatkan pahala yang berlimpah.
    Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, kalau ibadah puasa ini merupakan ibadah wajib untuk umat islam. Maka dari itu, untuk yang mengerjakannya akan mendapatkan imbalan pahala yang besar. Sedangkan kalau tidak mengerjakannya akan mendapatkan dosa, kecuali masuk ke dalam golongan orang yang boleh tidak berpuasa.
  • Memberikan rasa sabar yang lebih.
    Ketika kita menjalankan ibadah puasa, nanti kita akan bisa mendapatkan rasa sabar yang lebih. Seperti saja harus bersabar untuk menunggu waktu berbuka, sabar menahan segala hawa nafsu dan lain-lain.

Ibadah-Ibadah Yang Bisa Dilakukan Untuk Pengiring Puasa Di Bulan Ramadhan

awal-puasa-ramadhan-2023

Tidak hanya keutamaan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan saja, kami juga akan memberikan informasi seputar ibadah-ibadah apa saja yang bisa umat islam lakukan sebagai pengiring ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tentunya dengan menjalankan ibadah pengiringnya ini, semoga puasa yang kita jalankan menjadi tidak sia-sia dan mendapatkan pahala.

Sudah penasaran kan pastinya dengan ibadah-ibadah pengiringnya ini? Maka dari itu, bisa langsung simak beberapa ibadah pengiring yang bisa dilakukan untuk menemani puasa di bulan Ramadhan.

  • Menjaga perilaku agar tidak berbuat jahat dan menyakiti orang lain.
  • Melaksanakan sholat tarawih dan membaca al-Qur’an.
  • Menjaga lidah agar tidak menyakiti hati orang lain dan agar tidak membicarakan tentang orang lain.
  • Mengadakan buka puasa bersama guna menjalin silaturahmi antar umat muslim.
  • Selalu berdoa kepada Allah SWT.
  • Melakukan sedekah dan zakat.
Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini