Baju Impor Ilegal Marak Tersebar, Ini Cara Impor yang Benar 

primaradio.co.id – Maraknya kasus baju impor ilegal yang masuk di Indonesia membuat pemerintah cukup merugi. Bagaimana tidak, barang tersebut masuk ke Negara kita tanpa membayar bea dan cukai sesuai ketentuan yang sudah diatur pemerintah.

Baca juga : Aplikasi Desain Baju, Gambar, Poster di PC, Android, & iPhone

Terlebih banyak sekali pelaku bisnis yang cukup tidak mematuhi aturan sehingga tidak melakukan prosedur sesuai ketentuan berlaku. Hingga sekarang juga terdapat orang tidak bertanggung jawab dimana memasukkan barang luar ke Indonesia melalui jalur gelap.

Yang dimaksud jalur gelap adalah cara ilegal atau tidak sesuai prosedur, dimana barang impor seharusnya melewati bea cukai dan wajib membayar pajak. Salah satu kasusnya adalah baju impor ilegal cukup terkenal di lingkungan kita.

Biasanya bisnis pakaian menjadi salah satu induk permasalahan terhadap baju ilegal ini, sehingga bisnis thrifting yang sedang berkembang terdapat beberapa toko masih menyalahi atau melanggar peraturan sesuai dengan ketentuan berlaku.

Baju Impor Ilegal Dilarang Pemerintah Indonesia

Bisnis fashion sendiri merupakan hal cukup popular dikalangan wanita muda, bahkan sudah lanjut usia. Fashion yang terus berkembang adalah pakaian. Sering kali demi memenuhi selera fashion banyak orang membelinya dari luar negeri.

Selain model, sangat terkenal juga mereknya yang cukup baik sehingga banyak disukai oleh wanita Indonesia. Sebuah fakta mengatakan bahwa kebanyakan perempuan yang menggilai fashion di Indonesia memilih baju bekas untuk memenuhi gayanya.

Hal ini sering kali disebut thrifting. Namun perlu menjadi perhatian, thrifting sering mendapatkan masalah terkait baju impor ilegal yang masuk ke Indonesia tanpa memenuhi persyaratan, seperti membayar pajak atau bea cukai.

Sehingga statusnya ilegal serta termasuk penyelundupan. Hal tersebut sangat bertentangan keras pada hukum Indonesia sehingga pelakunya sendiri dapat terjerat hukum pidana sesuai ketetapan oleh pemerintah.

Adanya baju impor ilegal juga menyebabkan banyak sekali polemic. Salah satunya harga pajak cenderung mahal untuk kelas pakaian yang digunakan sehari-hari. Harga jual serta pajak terkadang tidak sesuai dan lebih besar pajaknya.

Adanya fenomena ini juga menyebabkan oknum nakal lebih memilih menyelundupkan pakaian tersebut serta meraih keuntungan karena tidak membayar pajak. Namun ketika kalian ketahuan tentunya akan mendapatkan sanksi serius.

Perlu kalian ketahui bahwa maraknya penyebaran baju impor ilegal membuat petugas bea cukai mengalami banyak kerugian. Meski ada beberapa yang berhasil ditangkap namun masih terdapat juga pakaian yang berhasil bebas dari pajak.

Terutama pakaian bekas atau sejenis bisnis thrifting. Disaat sudah tersebar maka akan sulit sekali mencarinya. Karena barang tersebut tidak terdaftar pada data mana saja. Hal ini disebabkan barang tersebut sudah pernah dipakai sehingga tidak berhasil di data.

Cara Impor Barang dari Luar Negeri yang Sesuai Aturan

Cara Impor Barang dari Luar Negeri yang Sesuai Aturan

Untuk menghindari adanya baju impor ilegal tentu kalian harus mengetahui secara baik untuk melakukan impor barang, terutama pakaian jika ingin membelinya dari luar negeri. Sehingga tidak akan ada masalah yang menimpa kalian.

Hal ini ditujukan bagi kalian sebagai pemula di bidang jual beli dari luar negeri tersebut. Memang ada banyak keuntungan yang akan didapatkan saat membelinya dari luar negeri. Namun ada beberapa yang harus diperhatikan lagi agar tidak kembali merugi.

Berikut ini adalah beberapa cara impor barang ketika ingin membeli pakaian untuk menghindari adanya baju impor ilegal yang sedang popular.

  1. Mengetahui Jenis Barang serta Negara Asal

Hal pertama untuk mengimpor barang adalah mengetahui jenis barang yang akan dibeli dari luar negeri. Misalnya adalah baju. Kalian harus mengetahui persis bagaimana kondisi dan juga fisik baju tersebut.

Kalian harus paham benar mengenai baju apa yang akan dibeli, sebanyak apa serta bagaimana bentuknya. Hal tersebut akan mempengaruhi proses perdagangan secara internasional sehingga perlu dipastikan secara berulang kali.

Selain itu, harus mengetahui darimana asal pakaian tersebut. Hal itu penting diketahui karena setiap negara mempunyai ketentuan berbeda. Jangan sampai pakaian menjadi baju impor ilegal karena tidak mengetahui peraturan sehingga tidak mengerti apa yang akan dilakukan.

Maka dari itu, penting mengetahui asal barang yang ingin dibeli, serta mempelajari regulasi apa saja yang harus dilakukan untuk membeli dan berhasil masuk pada negara kalian. Sehingga proses impor akan berjalan lancar.

  1. Mengetahui dan Memahami Prosedur Kegiatan Impor

Sebelum melakukan kegiatan impor atau membeli barang diluar negeri tentu satu hal paling penting. Kalian harus paham terhadap ketentuan melakukan impor dan apa saja yang harus dilakukan sebagai konsumen.

Tentu berbeda sekali terhadap beli di toko biasanya dengan pembelian dari luar negeri. Akan ada beberapa tahapan dimana hal tersebut akan lebih rumit dibandingkan transaksi pada umumnya atau sehari-hari.

Hal pertama harus diperhatikan untuk mencegah baju impor ilegal adalah, perhatikan status legal pada pakaian serta apakah baju itu sudah mendapatkan izin dari pemerintah negara asalnya.

Jangan lupa untuk mendapatkan beberapa dokumen perizinan dimana nantinya akan diperlukan pada negara tujuan. Kemudian perhatikan jumlah bea cukai serta jumlah pembayaran pada pajak impor.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini