Apa Itu Blockchain? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Kesimpulannya, sejarah buku besar terdesentralisasi  relatif singkat tetapi dampaknya sangat signifikan. 

Penciptaan Bitcoin dan perkembangan teknologi buku besar terdesentralisasi  selanjutnya telah membuka kemungkinan baru untuk transaksi yang aman dan transparan serta diharapkan akan terus membentuk masa depan beberapa industri.

Berbagai Jenis Blockchain

Berbagai Jenis Blockchain

Ada tiga jenis utama buku besar terdesentralisasi  yang umum digunakan. Ini adalah buku besar terdesentralisasi  Publik, Swasta, dan Konsorsium.

  1. Public

Buku besar terdesentralisasi  public terbuka untuk semua orang dan tidak memerlukan izin untuk bergabung. 

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam memvalidasi transaksi dan merekamnya di buku besar terdesentralisasi. Bitcoin adalah buku besar terdesentralisasi  public yang paling terkenal tetapi ada banyak lainnya juga.

  1. Pribadi

Buku besar terdesentralisasi pribadi di sisi lain hanya dapat diakses oleh sekelompok individu atau organisasi tertentu. Buku besar terdesentralisasi  ini lebih aman daripada buku besar terdesentralisasi  publik karena hanya peserta terverifikasi yang dapat memvalidasi transaksi. 

Buku besar terdesentralisasi pribadi biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis di mana keamanan dan privasi sangat penting.

  1. Konsorsium

Blockchain konsorsium adalah gabungan dari buku besar terdesentralisasi  publik dan pribadi. Mereka dirancang untuk digunakan oleh kelompok organisasi yang ingin bekerja sama pada proyek tertentu. 

Seperti buku besar terdesentralisasi  pribadi, buku besar terdesentralisasi  konsorsium hanya dapat diakses oleh sekelompok peserta tertentu tetapi mereka juga terdesentralisasi seperti buku besar terdesentralisasi  publik.

Penting untuk mempertimbangkan jenis buku besar terdesentralisasi  mana yang paling cocok untuk kebutuhan kalian sebelum menerapkannya. 

Buku besar terdesentralisasi  publik mungkin yang paling terkenal, tetapi mereka mungkin bukan pilihan terbaik untuk bisnis yang membutuhkan lebih banyak keamanan dan privasi. 

Baca juga : Inilah Aplikasi Workout Terbaik untuk Olahraga

Buku besar terdesentralisasi  pribadi dan konsorsium mungkin lebih cocok untuk jenis aplikasi ini. Itu karena, Blockchain tipe ini lebih terjamin keamanannya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini