Cara Cek Sertifikat Vaksin di Satu Sehat Mobile

primaradio.co.id – Aplikasi PeduliLindungi telah resmi berubah menjadi SATUSEHAT. Dengan begitu, masyarakat saat ini sudah dapat melakukan update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile. Aplikasi SATUSEHAT Mobile ini berisikan data kesehatan dari seluruh masyarakat. Data Covid-19 pada aplikasi PeduliLindungi secara otomatis akan dipindahkan ke aplikasi SATUSEHAT Mobile. Hal tersebut termasuk dengan data sertifikat vaksinasi. 

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan NIK Online Tanpa Aplikasi

Untuk Anda yang ingin mengecek sertifikat vaksin pada aplikasi SATUSEHAT, maka Anda bisa lihat cara cek sertifikat vaksin di SATUSEHAT Mobile seperti berikut. Langsung saja lihat cara lengkapnya di bawah ini. 

Cara Periksa dan Unduh Sertifikat Vaksin di SATUSEHAT 

cara cek sertifikat vaksin di SATU SEHAT Mobile
Cara Periksa dan Unduh Sertifikat Vaksin di SATUSEHAT . Foto: Jatim Network

Untuk bisa melihat sertifikat vaksin pada aplikasi SATUSEHAT, dan mengunduhnya, seperti panduan yang diberikan Kementerian Kesehatan, berikut cara cek sertifikat vaksin di SATU SEHAT Mobile yang bisa Anda lakukan. 

  • Unduh aplikasi SATUSEHAT atau melakukan update pada aplikasi PeduliLindungi. 
  • Masuk ke akun di aplikasi SATUSEHAT Mobile
  • Pada halaman utama, klik menu “Vaksin dan Imunisasi”. 
  • Klik menu “Vaksin Dewasa”. 
  • Klik data sertifikat sesuai dengan nama Anda. 
  • Klik sertifikat yang ingin di unduh (dosis 1, dosis 2 dan booster).
  • Apabila telah muncul data sertifikat vaksin, pilih “Unduh Sertifikat” untuk mengunduh sertifikat vaksin. 
  • Sesudah sertifikat vaksin sudah sukses di unduh, silahkan Anda periksa di:
    • Folder file – di Android. 
    • Folder file – di iOS. 

Sebagai catatan tambahan, SATUSEHAT Mobile sebetulnya aplikasi sistem data kesehatan secara umum. Tidak hanya fitur-fitur yang berhubungan dengan pengendalian penyebaran Covid-19 saja, SATUSEHAT Mobile pun dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan data kesehatan umum, contohnya penyimpanan rekam medis atau data resume kesehatan para pengguna. 

Fakta Aplikasi SATUSEHAT Mobile 

Cara Periksa dan Unduh Sertifikat Vaksin di SATUSEHAT 
Fakta Aplikasi SATUSEHAT Mobile

Sesudah mengetahui cara cek sertifikat vaksin di SATU SEHAT Mobile, rasanya masih kurang jika tidak membahas mengenai fakta-fakta yang ada di dalam aplikasi yang satu ini. Berikut beberapa fakta aplikasi SATUSEHAT Mobile yang perlu Anda ketahui. Fakta aplikasi SATUSEHAT yang telah menggantikan PeduliLindungi harus diketahui oleh seluruh masyarakat. 

Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu transformasi digital sektor kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan atau Kemenkes. Aplikasi ini akan menggabungkan data dari seluruh fasilitas kesehatan. Masyarakat dapat mengakses beragam fitur, seperti vaksinasi Covid-18, pindai QR untuk check-in dan mengetahui hasil tes PCR dan antigen. 

Dalam waktu dekat aplikasi yang satu ini pun akan memberikan berbagai fitur baru yang dinamai “diary kesehatan” yang bisa mencatat dan memantau keadaan kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat Anda. Berikut kamu sudah merangkum dari sejumlah sumber mengenai sejumlah fakta aplikasi SATUSEHAT. 

  1. Menggantikan Aplikasi Peduli Lindungi 

Fakta pertama dalam aplikasi SATUSEHAT ini yaitu sebagai pengganti aplikasi Peduli Lindungi yang mulai digunakan pada 1 Maret 2023. Hal tersebut dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar seluruh masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang terintegrasi sesudah diresmikannya aplikasi SATU SEHAT ini. 

Nantinya secara resmi PeduliLindungi akan segera dinonaktifkan di tanggal 28 Februari 2023. Lalu, mulai beralih ke aplikasi SATUSEHAT Mobile yang telah dibuat. Untuk Anda yang sudah memiliki aplikasi Peduli Lindungi, maka Anda hanya perlu melakukan update saja. 

  1. Mempermudah Saat Ingin Berobat 

Fakta selanjutnya yang diberikan dari aplikasi SATU SEHAT yaitu kemudahan untuk berobat. Karena mulai dari 1 Maret 2023, masyarakat tidak harus membawa rekam medis saat hendak melakukan pengobatan atau berpindah fasilitas pelayanan kesehatan saat ingin berobat. 

Bukan hanya itu, aplikasi yang satu ini pun secara otomatis dapat mengakses data rekam medis Anda secara online lewat fitur rekam medis elektronik atau biasa dikenal dengan RME. 

  1. Menyediakan Berbagai Fitur Penting 

Aplikasi SATUSEHAT mempunyai berbagai fitur penting yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Fitur yang diberikan seperti cara cek sertifikat vaksin di SATU SEHAT Mobile, fitur jadwal minum obat, vaksin imunisasi, informasi kesehatan dan data pribadi, menyimpan hasil pemeriksaan lab dan menyimpan rekam medis secara online

  1. Sebagai Pola Hidup Baru Masyarakat Sehat 

Aplikasi SATUSEHAT akan menjadi pola hidup baru untuk mewujudkan keinginan masyarakat yang sehat. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penyandingan kembali dengan mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi SATUSEHAT Mobile yang terintegrasi. 

  1. Privasi dan Keamanan Terjamin 

Aplikasi SATUSEHAT menjadi privasi dan keamanan data pribadi. Hal tersebut sebab aplikasi ini telah terdaftar di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan PSE dengan kategori “Strategis” Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Setiap rekam jejak dan data akan dilakukan dengan enkripsi dan masking data untuk menjaga keamanan data dari seluruh masyarakat. 

Kelebihan Aplikasi SATUSEHAT Mobile 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki mengungkapkan jika SATUSEHAT mempunyai sejumlah keunggulan. Kepada CNN Indonesia, ia mengungkapkan jika aplikasi ini menyediakan layanan kesehatan yang lebih banyak, salah satunya yaitu mengintegrasi data rekam medis dan layanan kesehatan lainnya pada satu platform

Ada pula layanan konsultasi dari rumah sakit atau tenaga kesehatan yang berlisensi dan resmi. Aplikasi yang satu ini bisa memudahkan warga untuk menyusun rekam kesehatannya secara rapi dan ringkas, sebab mereka dapat melihat sendiri data yang dibutuhkan. 

Sejumlah data kesehatan pada aplikasi ini pun seperti imunisasi anak, cara cek sertifikat vaksin di SATU SEHAT Mobile sampai pencatatan jenis obat yang bisa dikonsumsi. Adapun, beberapa kelebihan lain seperti: 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini