Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online

Halo sahabat primaradio.co.id, sudah tahukah kamu bagaimana cara daftar kartu prakerja 2023 lewat hp? Sayang sekali jika kamu belum mengetahui informasi yang satu ini ya. Karena uangnya lumayan lho untuk kamu yang belum mendapatkan pekerjaan.

Bahkan untuk kamu yang sudah bekerja pun bisa daftar prakerja lho. Meskipun memang pemerintah mengadakan program ini khusus untuk yang belum bekerja, tetapi banyak yang mendaftar juga lho. Nah untuk kamu yang paham teknologi, sayang banget jika tidak ikutan daftar.

Seperti biasanya, buat kamu yang ingin mendaftar kartu prakerja bisa simak informasi yang kami bagikan pada artikel kali ini ya. Mulai dari persyaratan sampai dengan panduan lengkap mengenai cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online.

Program Kartu Prakerja BNI Adalah?

kartu-prakerja-adalah

Kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan yang diberikan kepada pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja dan atau pemberian pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kepada penerima termasuk juga pelaku usaha mikro dan juga kecil.

Program ini sudah berjalan selama tahun 2020 atau selama adanya pandemi covid-19. Karena bisa dirasakan dapat dari adanya pandemi ini sangat berpengaruh bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Termasuk banyaknya para pekerja yang terkena PHK atau juga banyaknya pencari kerja yang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Bahkan para pelaku usaha kecil dan juga mikro juga terkena dampak pandemi pada 2 tahun silam.

Program ini tentunya tidak hanya sebagai pemberian pelatihan kompetensi lho. Melainkan juga menjalankan misi lain yaitu sebagai program yang memberikan bantuan sosial berupa uang tunai bagi para penerima.

Pada awal tahun 2023 ini program kartu prakerja juga sudah berjalan kembali dengan fokus yang lebih yaitu kepada peningkatan kompetensi angkatan kerja. Saat ini, kartu prakerja sudah masuk ke gelombang 48 pada minggu ke-2 bulan Januari ya.

Buat kamu yang mungkin ingin mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat kartu prakerja tentu bisa lho. Kamu bisa mendaftar pada gelombang berikutnya dengan berbagai syarat dan tata cara yang telah ditentukan ya.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait tata cara dan juga persyaratan serta berbagai pertanyaan seputar kartu prakerja, bisa lihat penjelasan di bawah ya.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Lewat HP

cara-daftar-kartu-prakerja-2023-lewat-hp

Kamu pastinya sudah tidak sabar bukan bagaimana cara daftar kartu prakerja gelombang 47? Apalagi sekarang sudah ada lagi bukaan gelombang baru yang pastinya harus segera mendaftar.

Sayang sekali jika kamu mungkin belum mendapatkan pekerjaan namun tidak mendaftarkan diri sebagai calon penerima kartu prakerja. Karena ada banyak sekali keuntungan yang akan dirasakan bagi penerima kartu prakerja.

Salah satunya yaitu memberikan pelatihan kepada calon pekerja atau kalangan yang terkena PHK. Selain itu penerima juga nantinya akan mendapatkan uang lho. Untuk itu, yuk langsung daftar dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin mendaftar kartu prakerja adalah membuat akun.
  2. Caranya silahkan kamu kunjungi website “https://dashboard.prakerja.go.id/daftar”.
  3. Selanjutnya silahkan isi email, password, ulangi password setelah itu klik daftar.
  4. Apabila pendaftaran berhasil, maka kamu akan menerima email yang membuktikan bahwa kamu telah berhasil mendaftar kartu prakerja.
  5. Setelah terdaftar, selanjutnya kamu bisa masuk ke akun yang sebelumnya telah kamu buat.
  6. Setelah berhasil masuk, maka akan tampil dashboard dan kamu bisa memverifikasi KTP kemudian silahkan klik selanjutnya.
  7. Berikutnya silahkan lengkapi data diri sesuai dengan yang ada di KTP ya.
  8. Setelah selesai, lakukan verifikasi kemudian klik kirim.
  9. Jika sudah, maka pendaftar akan mendapatkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  10. Berikutnya kamu diminta untuk mengisi deklarasi survey.
  11. Ikuti tes yang ada meliputi tes kemampuan dasar dan tes motivasi.
  12. Setelah semua tes telah kamu ikuti, barulah kamu bisa mengikuti seleksi batch sesuai dengan domisili ya.
  13. Jika semua tes dan proses telah dilaksanakan, maka tinggal menunggu hasil penerimaan gengs.

Mudah bukan? Jika kamu berkenan mengikuti segala rangkaian tes saat pendaftaran, silahkan mendaftarkan diri menjadi salah satu penerima kartu prakerja ya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Tahun 2023

syarat-daftar-kartu-prakerja

Berbicara terkait cara daftar kartu prakerja 2023 lewat hp, tentunya ada beberapa syarat yang juga harus dipenuhi saat mendaftar gengs. Syarat-syarat inilah yang nantinya akan menjadi pertimbangan apakah kamu berhak menjadi penerima kartu prakerja atau tidak. Berikut adalah beberapa persyaratannya.

  1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP.
  2. Berusia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  4. Termasuk sebagai orang yang sedang mencari kerja, pekerja yang membutuhkan bimbingan kompetensi kerja, pekerja yang di PHK, dan juga pelaku usaha mikro dan juga kecil.
  5. Tidak berstatus sebagai penerima bantuan sosial lainnya.
  6. Bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil, TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) pegawai BUMN dan BUMD atau juga kepala desa serta perangkatnya.
  7. Hanya 2 penerima yang bisa mendapatkan kartu prakerja dalam satu Kartu Keluarga.

Pastikan pendaftar memenuhi semua persyaratan yang ada di atas ya. Hal ini dilakukan demi mendapatkan peluang lebih sebagai calon penerima kartu prakerja.

Manfaat Kartu Prakerja Bagi Penerima

manfaat-kartu-prakerja

Jika kamu masih bingung terkait apa saja manfaat yang didapatkan saat menerima kartu prakera, admin primaradio.co.id akan menjelaskannya gengs. Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan.

Terutama bagi kamu yang sedang mencari kerja atau membutuhkan bimbingan khusus untuk meningkatkan kompetensi dalam bekerja. Bahkan bagi pelaku usaha mikro kecil juga sangat bermanfaat lho. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada list berikut ini.

  1. Mengembangkan atau meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh angkatan kerja.
  2. Membantu meningkatkan produktivitas angkatan kerja.
  3. Meningkatkan daya saing angkatan kerja.
  4. Mengembangkan kewirausahan bagi setiap penerima yang memiliki usaha mikro dan kecil.

Nah dari beberapa manfaat yang ada di atas tentunya kamu akan semakin tertarik untuk mendaftar. Apalagi saat kamu menjadi penerima kartu prakerja akan mendapatkan bantuan berupa dana yang nominalnya lumayan lho.

Q&A Seputar Kartu Prakerja

cara-daftar-kartu-prakerja-online

Selain beberapa tahap terkait cara daftar kartu prakerja, disini admin juga mengumpulkan beberapa pertanyaan yang seringkali muncul. Berikut bisa kamu lihat lebih detail ya.

Apakah Kartu Prakerja Hanya Diperuntukan Bagi Pengangguran?

Untuk pertanyaan pertama terkait siapa saja yang berhak menerima program ini, Tentunya tidak hanya pengangguran ya, melainkan juga pelaku usaha kecil yang ingin meningkatkan kompetensinya dan kalangan lain yang memenuhi syarat.

Berapa Besar Insentif Untuk Penerima Kartu Prakerja?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada insentif untuk para penerima kartu prakerja gengs. Yang mana insentif ini bisa digunakan untuk kebutuhan para pencari kerja atau mungkin tambahan bagi pelaku usaha mikro.

Adapun besaran yang nantinya didapatkan oleh penerima yaitu sebesar 600.000 per bulan dan akan berlangsung selama 4 bulan ya. Sehingga jika dikalkulasi kamu akan mendapatkan 2.400.000 selama menjadi penerima kartu prakerja.

Apakah Ada Batasan Umur Jika Ingin Daftar Kartu Prakerja?

Tentunya ada batasan umur untuk kamu yang ingin daftar kartu prakerja ya. Yang mana usia minimal saat mendaftar adalah 18 tahun dan maksimal yaitu 64 tahun. Sehingga jika kamu sudah melebihi batas usia tersebut maka tidak bisa lagi daftar prakerja.

Itulah informasi seputar cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online. Untuk menemukan beragam informasi menarik lainnya, silahkan kamu kunjungi beberapa artikel pilihan lainnya ya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini