Berbagai Cara Cek Nomor Smartfren yang Patut Dicoba

primaradio.co.id – Masih banyak orang menanyakan bagaimana cara cek nomor Smartfren paling mudah. Kebanyakan orang mungkin benar-benar belum mengetahuinya atau sudah tahu, tetapi lupa caranya karena jarang melakukannya.

Baca juga: Cara Cek Nomor Smartfren Lewat SMS dan Telepon

Provider satu ini memang memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia sebab selalu menawarkan harga paket terjangkau. Hal tersebut tentu saja memudahkan masyarakat dari berbagai kalangan agar bisa internetan.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah pengguna tidak mengingat berapa nomor teleponnya sendiri. Padahal, nomor tersebut sangat penting dan sering kali ada kondisi darurat yang memerlukannya.

Cara Cek Nomor Smartfren, Begini Panduannya

Cara cek nomor Smartfren
Cara cek nomor Smartfren

Supaya tidak bingung ketika berada dalam kondisi urgent yang memerlukan nomor HP, maka perlu memahami berbagai cara mengeceknya. Setidaknya terdapat sepuluh metode jika ingin memeriksanya melalui ponsel.

  1. Dial Up

Cara cek nomor Smartfren pertama ialah melalui dial up sehingga hanya perlu menekan beberapa tombol HP saja. Caranya adalah menekan *995# di HP, kemudian mengetuk tombol “OK/Yes”.

Dalam beberapa saat, nantinya layar HP akan menampilkan berbagai informasi seputar kartu, tidak terkecuali nomornya. Dengan langkah singkat tadi, sekarang Anda sudah bisa mengetahui nomornya dan jangan lupa mencatatnya.

  1. Layanan SMS

Cara cek nomor Smartfren secara mudah juga dapat memanfaatkan layanan pesan singkat atau SMS. Tanpa banyak langkah-langkah, cukup dengan mengirimkan pesan “INFO” ke nomor 995.

Setelah mengirimkan pesan singkat 995, hanya perlu menunggu sejenak saja sampai nantinya mendapatkan balasan. Balasan tersebut adalah berupa informasi terkait kartu sekaligus memuat nomornya juga.

  1. Layanan Operator

Setiap provider sudah pasti menyediakan layan operator atau call center demi melayani penggunanya. Tidak sedikit pengguna memerlukan bantuan dari operator, termasuk cara cek nomor Smartfren miliknya. Adapun cara mudah yang bisa Anda ikuti dibawah ini.

  • Untuk menggunakan layanan operator, mulailah dengan menghubungi 995 melalui ponsel milik Anda.
  • Tunggulah sejenak sampai pihak customer service dari provider menjawab, kemudian tanyakan secara langsung tentang nomor milik Anda.
  • Selain menghubungi 995, dapat juga memanggil 500 agar dapat tersambung kepada pihak customer service.
  1. Dial Up USSD

Alternatif cara cek nomor Smartfren selanjutnya ialah melakukan dial up USSD tanpa membutuhkan waktu lama. Selain praktis, metode satu ini juga tidak memungut biaya sama sekali alias gratis. Cara mudah nya bisa di ikuti dibawah ini.

  • Mulailah alternatif satu ini dengan membuka aplikasi “Telepon” di ponsel.
  • Jika sudah masuk, sekarang bisa memasukkan kode USSD, yakni *999#, lalu mengetuk tombol “Panggil” atau “Call”.
  • Tunggu saja dalam beberapa saat, nantinya layar ponsel Anda akan menampilkan berbagai informasi seputar kartu.
  1. Aplikasi MySmartfren

Selain layanan operator, setiap provider juga pasti menyediakan aplikasi sendiri agar memudahkan penggunanya dalam mencari informasi. Tidak terkecuali Smartfren yang menghadirkan MySmartfren bagi para pelanggannya. Ikuti langkah-langkah nya seperti berikut.

  • Langkah pertama, unduhlah aplikasi MySmartfren di ponsel Anda lewat Google Play Store ataupun App Store.
  • Jika sudah terunduh, aplikasinya perlu dipasang secara benar supaya Anda bisa menggunakannya dengan lebih nyaman.
  • Setelah terinstal, Anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu, yakni mengisi setiap kolom di aplikasi tersebut.
  • Setiap kolom data tersebut harus terisi secara benar agar pendaftarannya nanti dapat terverifikasi oleh operator.
  • Apabila pendaftarannya sudah terverifikasi, sekarang Anda hanya perlu membuka aplikasi MySmartfren tanpa masuk ke menu apapun.
  • Nomornya akan tampil secara jelas pada bagian awal aplikasi sehingga pengguna bisa langsung melihat sekaligus mencatatnya.
  1. Via Missed Call

Cara cek nomer Smartfren secara unik ialah melakukan missed call ke orang lain. Alternatif ini mudah karena tidak memerlukan banyak proses, tetapi akan lebih cepat kalau sedang bersama orang lain. Cara via missed call bisa Anda ikuti pada langkah-langkah berikut ini.

  • Bukalah menu atau aplikasi “Telepon” di ponsel seperti biasanya.
  • Pilihlah kontak orang terdekat atau orang-orang yang sedang bersama Anda untuk memudahkannya nanti.
  • Kalau sudah ditentukan, sekarang bisa mulai memanggil atau menelepon kontak tersebut.
  • Setelah memanggilnya, Anda bisa menyalin nomor dari ponsel orang tadi untuk disimpan agar tidak sampai lupa.
  1. Via WhatsApp

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai alternatif cara cek nomor Smartfren secara mudah. Anda bisa mencoba metode ini apabila nomor teleponnya terdaftar di WhatsApp dan sedang terkoneksi internet. Cara mudah cek nomor Smartfren melalui aplikasi WhatsApp.

  • Anda dapat mengawalinya dengan membuka aplikasi WhatsApp di ponsel seperti biasanya.
  • Kalau sudah masuk, sekarang bisa mengetuk ikon tiga titik di bagian pojok sebelah kanan atas untuk masuk ke menu “Setelan”.
  • Setelah berhasil masuk ke menu “Setelan”, sekarang Anda dapat mengetuk profil atau nama di bagian paling atas.
  • Setelah mengetuknya, nanti WhatsApp akan menunjukkan nomor yang terdaftar dan jangan lupa untuk menyimpannya.
  1. Via Kode UMB

Alternatif terakhir ialah memanfaatkan kode UMB yang memang hadir guna mengakomodasi kebutuhan pelanggan. Tidak hanya mengecek nomer, tetapi bisa juga untuk mengetahui sisa kuota dan masih banyak lagi. Langkah mudah nya bisa Anda ikuti seperti urutan yang tersedia di bawah ini.

  • Awali dengan menekan kode UMB, yakni *123# melalui menu atau aplikasi “Telepon”, lalu “Panggil” atau “Call”.
  • Setelah berhasil memanggil, nantinya akan muncul beberapa opsi informasi seputar kartu, pilihlah opsi “8”.
  • Jika sudah memilih opsi tersebut, beragam informasi seputar kartu akan tersedia sekaligus saldo pulsa tanpa perlu menunggu lama.

Jika Nomor Kartu SIM Tidak Terbaca, Lakukan Ini

Cara cek nomor Smartfren
Ilustrasi kartu SIM

Saat hendak melakukan cara cek nomor Smartfren, terkadang terjadi beberapa masalah, misalnya kartu SIM tidak terbaca. Apabila masalah tersebut terjadi, setidaknya ada solusi yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo 2023 di Telpon/Lewat SMS

  1. Bersihkan SIM Card

Apabila nomor beserta kartu SIM tidak terdeteksi, cobalah untuk membersihkannya dari debu-debu mikro yang menempel. Bisa menggunakan cotton bud atau juga penghapus dengan cara menggosok-gosoknya ke kuningan.

  1. Atur Ulang Jaringan

Permasalahan satu ini dapat terjadi karena operator seluler sedang mengalami error, sehingga kartunya tidak berfungsi secara baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengatur ulang jaringannya secara otomatis.

Kalau pengaturannya ternyata tidak bisa secara otomatis, lakukan saja sendiri melalui menu “Settings” atau “Setelan”. Nantinya Anda bisa masuk ke bagian “Network & Internet”, kemudian mengatur APN menurut jaringan operatornya.

Setelah berhasil mengetahui nomor dari kartu SIM, jangan lupa untuk menyimpannya di beberapa catatan. Dengan demikian, kedepannya Anda tidak perlu repot-repot melakukan cara cek nomor Smartfren kembali.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini