Perbedaan E-KTP dan KTP Digital yang Perlu Diketahui Warga

Primaradio.co.id – Ada banyak perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena pada tahun 2023 pemerintah menargetkan setidaknya 50 juta masyarakat sudah terdaftar pada layanan daring tersebut.

Baca juga: Aplikasi E Coklit Pantarlih Pemilu 2024 untuk Android & Iphone

Namun sayangnya sampai sekarang masih banyak orang belum mengenali seperti apa programnya. Oleh sebab itu kami ingin menjelaskan secara detail apa saja perbedaannya apabila kita bandingkan dengan identitas konvensional.

Apabila masyarakat sudah memahami secara definitif terkait program tersebut tentu antusiasme akan semakin tinggi. Artinya pendataan identitas penduduk di Indonesia akan menjadi semakin mudah.

Ketika semua hal sudah menjadi mudah nantinya pemerintah mengharapkan bahwa proses administrasi akan semakin lancar. Jadi mari kita belajar bersama seperti apa definisi, perbedaan, sampai cara membuatnya.

Apa Sebenarnya KTP Digital Itu?

Sebelum mengetahui perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui kita bahas dulu apa saja definisinya. Karena ketika tidak tahu apa definisinya maka memahami secara lebih dalam tentu akan sulit.

Pada dasarnya secara fungsional ini masih sama seperti kartu tanda penduduk sebagai tanda identitas. Jadi setiap warga negara Indonesia wajib memilikinya sebagai penanda bahwa mereka adalah penduduk legal.

Namun bentuk dari kartu identitas tersebut adalah digital sehingga dapat diakses menggunakan jaringan internet. Ini jelas akan membuat identifikasi semakin mudah untuk berbagai keperluan administrasi maupun birokrasi.

Latar belakang adanya bentuk seperti ini adalah kasus lalainya masyarakat dalam menjaga kartu identitasnya sendiri. Memang benar kartu tanda penduduk sudah disimpan dengan baik dalam dompet.

Namun peluang terjadinya kehilangan, kerusakan, maupun kelalaian lainnya masih saja sering terjadi. Dengan menggunakan bentuk digital otomatis masyarakat dapat mengakses langsung menggunakan ponsel pintar.

Apalagi sekarang ponsel pintar sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia. Ini adalah pemicu terjadinya perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui dari sisi fleksibilitas.

Bayangkan saja bagaimana mudahnya mengurus birokrasi apabila kita tinggal menunjukkan saja detail data elektronik tersebut. Tidak perlu lagi ada urusan fotokopi atau takut dengan masalah kehilangan lagi.

Jadi ini adalah salah satu terobosan revolusioner yang dapat memudahkan masyarakat dalam jangka panjang. Anda perlu segera mendaftarkan diri apabila ingin mendapatkan kemudahan seperti itu.

Apa Saja Perbedaan E-KTP dan KTP Digital yang Perlu Diketahui 

Pada segment ini kami akan menjelaskan apa saja perbedaan dari kedua versi kartu identitas tersebut. Jadi simak beberapa poin berikut ini agar Anda lebih memahami lagi sebelum mendaftarkan diri secara resmi.

  1. Bentuk 

Jelas perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui paling mencolok adalah bentuknya. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan bentuk fisik karena sekarang bisa menunjukkan langsung menggunakan data elektronik.

  1. Integrasi Data 

Dari segi integrasi data sendiri ternyata ada cukup banyak perbedaan yang ada dalam perangkat tersebut. Tidak hanya identitas dari pemilik seperti NIK namun juga mencakup nomor KK, kartu vaksin, NPWP, sampai kepemilikan kendaraan.

Jadi berbagai macam administrasi akan semakin mudah prosesnya dengan menunjukkan piranti tersebut. Karena semua data sudah lengkap jadi masyarakat tinggal menggunakan satu bentuk integrasi saja.

  1. Fleksibilitas 

Aspek fleksibilitas juga dapat menjadi faktor perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui. Karena dengan menggunakan piranti ini masyarakat tidak perlu lagi repot dengan hal sepele seperti fotokopi.

Identitas elektronik ini dapat terintegrasi langsung dalam bentuk QR code sehingga memudahkan akses. Kita tinggal melakukan scan pada aplikasi untuk menunjukkan identitas diri.

Semua aspek tersebut tentu saja akan mempermudah masyarakat dalam hal administrasi maupun birokrasi. Kedepan jika penggunaan sudah total maka proses administrasi dalam negeri bisa jauh lebih cepat lagi.

Bagaimana Cara Membuat KTP Digital 

Penasaran bagaimana cara membuat KTP digital tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskannya. Ikuti beberapa tahapan berikut ini agar Anda mampu memproses sendiri secara lebih mudah.

  1. Pengunduhan 

Jika perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui tadi sudah paham langsung saja unduh aplikasinya. Berikut adalah tutorial pengunduhan paling mudah bagi masyarakat.

  • Pastikan ponsel pintar dapat terhubung pada jaringan internet.
  • Buka aplikasi Play Store. 
  • Pada bilah pencarian Play Store ketik IKD.
  • Klik install untuk memulai proses pengunduhan dan pemasangan otomatis aplikasi IKD.
  • Tunggu proses pemasangan otomatis sampai selesai.
  • Aplikasinya siap digunakan.
  1. Registrasi 

Ada perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui dari segi registrasi. Karena ini menggunakan basis daring jadi Anda perlu mempersiapkan dulu beberapa dokumen, ikuti langkah berikut sebagai tutorialnya.

  • Buka aplikasi IKD. 
  • Klik daftar. 
  • Masukkan NIK, surel, dan nomor telepon genggam aktif yang dipakai pada perangkat.
  • Klik verifikasi data. 
  • Akan muncul scan wajah untuk melakukan verifikasi. 
  • Saat melakukan verifikasi wajah jangan menggunakan masker, kacamata, aksesoris kepala, dan hal lain yang mampu menutupi identitas diri.
  • Proses pendaftaran selesai. 
  1. Aktivasi 

Setelah proses pendaftarannya selesai masyarakat masih harus melakukan proses aktivasi. Ikut langkah berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara aktivasinya paling mudah.

  • Datang ke kantor Dukcapil setempat. 
  • Lakukan pemindaian QR code.
  • Buka email yang Anda gunakan untuk registrasi IKD. 
  • Salin dan simpan 6 digit kode pin.
  • Buka aplikasi IKD kemudian masukkan 6 digit pin untuk aktivasi.
  • Cek status pada aplikasinya. 
  • Aktivasi selesai.

Sekedar tahu perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui ternyata tidak cukup. Masyarakat perlu mendaftarkan diri sekarang juga agar nantinya segala macam proses administrasi bisa menjadi lebih mudah.

Manfaat Menggunakan KTP Digital bagi Masyarakat 

Apabila masyarakat sudah paham perbedaan E-KTP dan KTP digital yang perlu diketahui tentu penasaran apa saja manfaatnya. Simak ulasan berikut agar tahu bagaimana pentingnya program ini untuk segera Anda ikuti.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini