Penonton Wajib Tahu! etika nonton konser untuk Cegah Kerusuhan

Penonton rusuh pada saat konser memang bukan hal baru lagi, untuk mencegahnya pahami etika nonton konser berikut ini untuk menjaga keamanan bersama dan mencegah kerusuhan.

Baca juga : Band Ikonik Coldplay, Ternyata Sempat Gunakan Nama Ini

Kerusuhan selama konser berlangsung memang akan terasa sangat menjengkelkan, apalagi Anda yang sudah membayar tiket dan sedang asyik-asyiknya menikmati musisi favorit melakukan penampilan dengan lagu-lagu andalannya.

Tidak hanya merugikan penonton lainnya, rusuh pada saat konser juga akan memberikan citra yang buruk terhadap Indonesia jika musisinya berasal dari luar negeri. Agar tidak terulang Kembali pahami etika nonton konser dan kebiasaan negatif penonton konser berikut ini.

Kebiasaan Negatif Penonton Konser yang Dapat Memicu Keributan

Kebiasaan Negatif Penonton Konser yang Dapat Memicu Keributan

Sadar atau tidak sebenarnya Anda sedang melakukan kebiasaan-kebiasaan negatif yang sering memicu keributan oleh penonton konser sehingga dapat menyebabkan situasi kurang kondusif selama konser.

Menikmati konser dari penyanyi atau band favorit memang menjadi cara paling ampuh untuk refreshing. Namun waktu refreshing Anda yang harusnya terisi dengan keseruan selama konser akan rusak dan berakhir tidak nyaman karena hal-hal berikut ini.

  1. Terlalu Banyak Mengambil Gambar dengan Smartphone

Mengabadikan momen saat konser memang tidak salah , tetapi jika terlalu sering Anda sedang melanggar etika nonton konser. Selain akan membuat Anda tidak menikmati konsernya dengan baik, penonton lain yang berada pada bagian belakang juga akan merasa terganggu.

Padahal beberapa dari Anda pastinya sudah menabung dalam jangka waktu yang lama untuk bisa membeli tiket konser. Jadi sebelum menyesal dan mengganggu yang lain, kurangi pengambilan gambar selama konser dan nikmatilah suasananya yang mungkin tidak akan anda rasakan lagi dalam waktu dekat.

  1. Mengecek Sosial Media sangat sering

Melakukan update ke sosial media saat konser memang bukan sesuatu yang salah tetapi menjadi sangat mengganggu jika anda terlalu sering mengeceknya.

Membuka layar smartphone akan membuat penonton lain merasa terganggu karena cahayanya. Jadi sebaiknya anda mengupload hasil gambar atau video saat konser setelah semuanya selesai.

  1. Merequest Lagu yang Favorit 

Ada kalanya Anda menonton konser karena menyukai beberapa lagu musisi tersebut, tetapi ketika musisi atau penyanyi tidak menyanyikan lagu favorit Anda jangan berteriak untuk meminta lagu tersebut.

Teriakan Anda akan sangat mengganggu penonton lain yang sedang sama-sama menikmati konser. Karena biasanya musisi yang sedang melakukan konser sudah menentukan list lagu sendiri kecuali jika penyanyi tersebut mempersilahkan para penontonnya untuk merequest lagu.

  1. Spoiler Set List

Untuk musisi internasional yang akan tampil pada Indonesia biasanya susunan acaranya akan sama dengan acara sebelumnya. Bila Anda suka mencari set list acara-acara penampilan sebelumnya, sebaiknya jangan lakukan spoiler pada saat konser dengan memberi tahu teman atau orang-orang yang berada pada lingkungan sekitar.

Obrolan yang terlalu keras akan membuat penonton lainnya tidak sengaja menguping pembicaraan dan merasa terganggu. Karena ini adalah etika nonton konser, hormati pilihan setiap orang dan pahami sebagian orang lebih senang jika susunan lagunya terasa sebagai kejutan sehingga bisa menikmati konser lebih seru.

  1. Dilarang membawa Spanduk Tidak Beretika

Untuk menjaga etika nonton konser sebaiknya penonton menahan diri untuk membawa spanduk-spanduk aneh dan melewati batas. Biasanya para penonton membawa spanduk aneh untuk lebih mudah mendapatkan perhatian dari idolanya.

Tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan etika saat membuatnya, jangan sampai spanduk yang telah ada membuat penonton lain atau idola Anda sendiri merasa tidak nyaman karena terlalu melewati batas wajar.

Penonton Wajib Tahu, Etika Nonton Konser untuk Jaga Keamanan

Penonton Wajib Tahu, Etika Nonton Konser untuk Jaga Keamanan

Senang akan menonton konser idola Anda jangan lupa tentang beberapa etika yang perlu mengetahui oleh para penonton saat akan menonton konser

Semua orang yang akan berangkat ke konser pastinya mengharapkan keseruan yang mungkin tidak akan Anda rasakan lagi. Etika nonton konser juga akan membantu Anda jaga keamanan dan ketertiban selama konser terlaksanakan.

  1. Lebih Baik Tidak Banyak Berbicara

Selama penampilan idola anda lebih baik untuk tidak banyak berbicara, bersikaplah dengan santai dan kasual. Tapi bukan berarti Anda tidak memperbolehkan untuk berbicara atau ikut menyanyi dan menari.

Tetapi pastikan saja percakapan yang Anda buat dengan teman tidak mengganggu orang lain yang sedang menikmati pertunjukannya. 

  1. Berharap Seseorang Memiliki Perilaku Seperti Anda

Jangan lupa pada saat konser Anda harus bertemu dengan banyak orang dengan perbedaan wataknya. Anda tidak bisa mengontrol mereka dan jangan berharap mereka akan berperilaku seperti yang Anda mau.

  1. Dilarang Melempar Barang Apapun

Sebagai seorang penggemar pastinya Anda memiliki keinginan untuk memberikan hadiah secara langsung untuk idolanya. Cara yang sering penonton lakukan adalah dengan melempar barang tersebut ke arah panggung.

Cara ini sebaiknya tidak Anda lakukan karena melanggar etika nonton konser sekaligus membahayakan bagi idola yang sedang tampil. Karena bisa saja barang yang Anda lemparkan tidak sengaja mengarah pada idola Anda sendiri.

  1. Tidak Dorong Penonton Lainnya

Semua orang pastinya ingin berada dekat idolanya, tetapi karena keinginan ini banyak orang-orang sampai dorong-dorongan untuk bisa mendapatkan posisi paling dekat dengan panggung.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya dan sebaiknya tidak melakukan, saling mendorong saat konser tidak sesuai dengan etika nonton konser. Selain itu perbuatan ini juga akan menyebabkan banyak masalah antara lain penonton terluka sampai dengan kerusuhan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini