Gejala Penyakit Liver yang Perlu Diperhatikan Khusus

Gejala penyakit liver memang tidak dapat terdeteksi pada tahap awal. Jadi pasien belum mengalami keluhan apa-apa, terasa sehat dan bugar, tetapi kalau sudah masuk fase akhir, baru terasa.

Baca juga: 2 Jalur Penularan Penyakit HIV ke dalam Tubuh yang Paling Banyak Terjadi

Penyebab utama munculnya keluhan pada organ hati ini beragam, bisa dari pola makan yang tidak sehat. Selain itu, infeksi virus sampai terlalu sering minum alkohol juga jadi faktor lain.

Perkembangan Penyakit Liver dan Keadaannya

Perkembangan Penyakit Liver dan Keadaannya
Perkembangan Penyakit Liver dan Keadaannya

Menurut medis, bisa dikatakan sebagai gangguan pada organ ini kalau tingkat kerusakannya sendiri sudah mencapai 75%. Artinya, sudah masuk ke tahap akhir dengan penurunan fungsi cukup signifikan.

Dalam perjalanannya, seseorang akan mengalami beberapa tingkatan terlebih dulu sebelum beberapa gejala penyakit liver muncul. Berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu diketahui:

  1. Fase awal, sudah mulai ada peradangan pada jaringan hati, hal ini menyebabkan kondisinya membengkak dan tampak lunak.
  2. Fase kedua, sudah terlihat jaringan parut yang membuat fungsinya mulai terganggu.
  3. Fase ketiga, saat jaringan parut ini mulai tumbuh banyak dan bertumpuk, organ tersebut mulai kesulitan menjalankan fungsinya, di sinilah kalian nanti baru mulai merasakan tanda-tandanya.
  4. Fase akhir, sudah mengalami kerusakan dan dokter akan menyebutnya dengan gagal hati, dalam tahap ini pihak Rumah Sakit akan melakukan penangan khusus.

Bila melihat dari fase pertumbuhan gangguan yang terjadi, maka sangat penting mengetahui beberapa gejala penyakit liver sejak dini. Walaupun sudah masuk ke fase tiga, namun masih dapat sembuh.

Kenali Beberapa Keluhan yang Mulai Dirasakan

Kenali Beberapa Keluhan yang Mulai Dirasakan
Kenali Beberapa Keluhan yang Mulai Dirasakan

Faktor pertama yang terlihat dapat menunjukkan indikasi gangguan hati adalah kelelahan. Sangat penting mengetahui bagaimana lelah orang normal dengan yang menderita liver, karena keduanya tidak jauh berbeda.

Ketika kalian mengalami keluhan ini, rasa lelah tersebut tidak wajar dan berlangsungnya secara terus-menerus. Sebagai contoh, kalau dulu bekerja selama 5 jam baru terasa lelahnya, sehingga butuh istirahat.

Tetapi karena sudah masuk fase ketiga, baru bekerja 3 jam saja sudah meminta istirahat selama 1 jam lamanya, dengan pekerjaan sama. Keadaan seperti ini kadang terlewatkan oleh pasien.

Gejala penyakit liver dengan faktor kelelahan tersebut bisa saja terjadi karena kondisi suhu sekarang sangat panas. Karena kurang air minum, jadi terasa lelahnya hanya saja keadaannya berbeda.

Selain kelelahan, ada beberapa keluhan lain yang akan terjadi dan kondisi ini membuat kalian tidak bisa menyangkal kemungkinan ada gangguan liver. Berikut pembahasannya secara singkat, harap perhatikan dengan seksama:

Hadirnya Warna Kuning

Hadirnya Warna Kuning
Hadirnya Warna Kuning

Gejala penyakit liver berikutnya adalah munculnya warna kuning pada beberapa bagian tubuh, Paling terlihat adalah di kulit serta mata, tidak ada salahnya sekarang kalian coba melihatnya ke kaca.

Bila masih ragu, cobalah suruh orang lain untuk memperhatikan benar, bagaimana kondisi mata dan kulit apakah ada tanda perubahan atau tidak. Kondisi ini memang sering terjadi karena adanya peningkatan bilirubin.

Kandungan bilirubin sudah terlalu banyak, sehingga kulit dan mata menjadi kuning. Sekedar informasi, zat tersebut merupakan pigmen kuning hasil dari pecahnya sel darah merah yang terjadi di hati.

Biasanya organ ini mampu mengeluarkannya dan masuk ke bagian usus, tetapi kondisinya sekarang hati tidak dapat melakukan itu. Pada akhirnya menyebabkan perubahan pigmen menjadi warna kuning.

Jika gejala penyakit liver kalian sudah mencapai tahap ini. Kita sangat menyarankan untuk segera di bawa ke Rumah Sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan secara intensif.

Sakit pada Bagian Perut

Sakit pada Bagian Perut
Sakit pada Bagian Perut

Jika perubahan warna tersebut belum terjadi, tetapi mengalami rasa nyeri pada bagian perut atas. Maka segeralah pergi ke dokter untuk mengetahui mengapa kondisi tersebut terjadi.

Biasanya, rasa sakit tersebut bisa berlangsung secara terus-menerus. Jedanya hanya sebentar saja, kemudian terasa lagi, apabila datang dan perginya sangat sering jangan tunggu lagi, kemungkinan ada masalah pada hati.

Penurunan Berat Badan Drastis

Penurunan Berat Badan Drastis
Penurunan Berat Badan Drastis

Jika kalian sedang menjalankan program diet dan ternyata terjadi penurunan berat badan secara drastis, jangan senang dulu. Bisa jadi hal itu adalah gejala penyakit liver di fase ketiga.

Ketika melakukan pola diet, penurunan berat tersebut tidak akan berjalan secara cepat, butuh proses. Kalau satu hari turunnya masih 1 sampai 3 kilo masih wajar, tetapi lihat bagaimana polanya juga.

Hanya saja kalau polanya itu jalan kaki setiap pagi dan itu sekitar 10 menit tetapi mampu menurunkan berat mencapai 2 kg. Maka perlu waspada, karena hal itu tidak normal sama sekali.

Setidaknya kalau jalan 10 menit, turun 2 kg baru dapat ditempuh minimal 7 hari. Tetapi ini hanya 1 hari saja, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit liver, harap segera ke dokter.

Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh mengalami beberapa gangguan lain akibat hati mengalami masalah. Mulai dari penyerapan nutrisi, kehilangan massa otot, sampai peningkatan katabolisme tubuh.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini