Info Gempa Bumi Terkini Cianjur 24 Januari 2023 Hari Ini

Primaradio.co.id – Sejak dini hari ini, Selasa, 24 Januari 2023, sejumlah gempa bumi dilaporkan. Seperti kita ketahui, di akhir tahun 2022 kemarin, Cianjur sempat diguncang gempa yang cukup besar.

Info Gempa Bumi Terkini Cianjur

BMKG
Gempa Bumi Cianjur

Pada hari ini, 24/1/2023, Cianjur, Jawa Barat terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,3. Beberapa di antaranya terasa cukup kuat.

Gempa terjadi pada pukul 2:45 WIB berada di kedalaman 10 km dengan pusat gempa di darat 7 km Barat Laut Kabupaten Cianjur berdasarkan Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG melaporkan bahwa, “Gempa dirasakan Magnitudo: 4,3, Kedalaman: 10 km, Hari Selasa, 24 Jan 2023 pukul 02:45:01 WIB, Koordinat: 6.82 LS dan 107.07 BT (Pusat gempa berada di darat pada jarak 7 km Barat Laut Kab. Cianjur) wilayah Kab. Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya #BMKG.”

Gempa bumi tektonik tersebut tidak berpotensi tsunami.

Banyak warga yang merasakan gempa kali ini dan memberikan komentarnya. Ada yang mengatakan bahwa gempa bumi ini terasa cukup kuat getaran dan gemuruhnya.

Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa getaran gempa tersebut hampir sama dengan gempa yang terjadi di bulan November 2022, tahun lalu.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, dan Karangtengah.

BMKG pun menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Cianjur, Jawa Barat, untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Daerah Lain yang Merasakan Gempa

Tidak hanya di Cianjur saja, pada hari Selasa, 24/1/2023, juga terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 4,7 pada pukul 5:55:22 WIB di Pesisir Barat, Lampung dan sekitarnya.

Gempa tersebut berpusat di laut pada jarak 55 km Tenggara Pesisir Barat dengan kedalaman 46 km.

Pusat gempa tersebut terletak pada koordinat 5.62 LS dan 104.19 BT.

Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Selain Lampung, Maluku Utara di daerah Halmahera Barat juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 3,6 pada pukul 4:45 WIB.

Gempa ini dirasa cukup kecil dibandingkan dua daerah lainnya.

Pusat gempa berada di jarak 73 km Barat Laut Halmahera Barat dengan kedalaman 69 km.

Selain itu gempa bumi juga terjadi di Bengkulu, gempa tersebut terjadi pada pukul 00:17:04 WIB dengan kekuatan magnitudo 2,7.

Gempa berpusat di jarak 66km Barat Daya Kaur, Bengkulu pada kedalaman 15 km dan gempa tersebut terletak di koordinat 5.12 LS dan 102.85 BT.

Gempa bumi tektonik ini tidak berpotensi tsunami.

Tips Saat Terjadi Bencana

Gempa bumi memang tidak bisa kita ketahui kapan akan terjadi. Namun saat gempa bumi tersebut terjadi kita tidak boleh panik.

Selain itu jangan mempercayai berita yang tidak berasal dari sumber terpercaya.

Pastikan terlebih dahulu apakah berita tersebut benar atau hanya sekedar hoax dan ikuti saran serta anjuran dari pihak pemerintah.

Jangan mempercayai berita dari sumber yang tidak diketahui kebenarannya karena terdapat pihak pihak yang memanfaatkan hal tersebut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini