Inkubator Internet Computer Protocol Meluncur di Indonesia

Inkubator internet computer protocol hadir pertama kali dan menjadi protocol pertama ada di Indonesia. Kegiatan ini merupakan hasil dari perusahaan Disprutuves ICP.hub Indonesia.

Dengan tujuan bisa membentuk cakrawala digital serta menciptakan gelombang Internet Komputer dari negara Indonesia secara langsung. Peluncuran terjadi pada Senin, 9 Oktober 2023 lalu.

Baca juga: Spesifikasi Sonus Faber Aster yang Wajib Kalian Ketahui

Kabar tersebut menjadi kabar gembira sekaligus menimbulkan pertanyaan, terutama bagi para awam. Terkait dengan pengertian dari inkubator internet computer protocol itu sendiri. Untuk memahaminya lebih jauh, silahkan simak pembahasannya sampai selesai.

Pengertian Internet Computer Protocol

Pengertian Internet Computer Protocol
Pengertian Internet Computer Protocol

Sebelum memahaminya lebih jauh kita ketahui  tentang ICP (Internet Computer Protocol). Internet komputer yang mampu menciptakan jaringan terdesentralisasi pada pusat data independen. Yakni tempat menyediakan alternatif layanan cloud perusahaan.

Untuk definisinya merupakan seperangkat protokol yang memungkinkan pusat dari data Independen seluruh dunia menyatu. Serta memberikan penawaran alternatif terdesentralisasi dengan penyedia cloud internet pusat masa ini.

Penggunaan token ICP biasanya untuk tata kelola atau pemegangnya bisa memilih masa depan jaringan masing-masing.

Dengan tujuan untuk memberikan penghargaan pada peserta jaringan atas perilaku baiknya. Serta bisa kalian gunakan untuk membayar biaya ketika melakukan kegiatan transaksi tertentu.

Singkatnya ICP adalah mata uang digital, yang lebih dari sekedar uang digital. Karena kalian bisa membeli juga memperdagangkannya melalui bursa. 

Hadirnya Inkubator Internet Computer Protocol Indonesia

Banyak orang hadir untuk memutakhirkan teknologi digital, salah satunya dengan meluncurkan inkubator internet computer protocol di Bali senin lalu. Seperti sudah kita singgung sedikit sebelumnya, kehadirannya bertujuan membentuk cakrawala digital.

Hal tersebut Bruno Calabretta selaku  Co-Founder serta Hub Manager dari Disruptives ICP. Hub Indonesia sampaikan melalui keterangannya (10/10/23). Ia mengungkapkan dalam dunia inovasi ini, inkubator internet computer protocol menjadi mercusuar dengan potensi yang luas bahkan tidak terbatas.

Ia percaya adanya kekuatan serta ide baru dalam program tersebut, bisa dirinya dan tim wujudkan untuk masa depan desentralisasi.

Berdasarkan pendapat Bruno, selama 7 minggu para peserta akan melakukan kegiatan tatap muka dalam acara yang akan terlaksana di S21 CORE. Juga ada sesi daring melalui platform AI-Rumi.

Akan ada tiga sesi per minggunya yang sudah Bruno dan tim rancang, tujuannya memberi semua orang pandangan lebih dalam terkait dunia blockchain. Serta mempunyai peluang tak terbatas memanfaatkan inkubator internet computer protocol.

Bruno mengungkapkan dalam acara tersebut akan berakhir dengan Grand Finale, Pitching dan Graduation Day.  Dalam pertemuan tersebut ada 10 proyek dari perusahaan Bruno dan tim dan sudah memilih 100 aplikasi luar biasa yang akan menjadi pusat perhatian.

Bruno juga berusaha memastikan proyek-proyeknya bisa terealisasikan dengan baik dan hal tersebut menjadi tugas mitra teknisinya yakkni Rock’n’block. Tujuan dari perusahaan tersebut untuk membantu semua proyek dan mengembangkan versi dasar,

Atau menjadi minimum viable product pada akhir programnya. Setelah semua program berlangsung, proyekan juga menargetkan ICP Developer Grant. Bruno menjelaskan bahwa perjalanan transformasi ini bukan usaha mandiri. 

Karena melibatkan aliansi VC elit contohnya; Spiral Ventures, 3X Capital, dan GotBit yang akan membantu membangun masa depan menjadi lebih cerah lagi. Adanya program tersebut juga melibatkan 30 ahli serta dukungan peserta dari 35 mitra.

Bruno memberikan penjelasan ketika menjalankan program ini, mengundang semua yang merasa tertarik. Pada akhir kalimat mengajak untuk menciptakan sesuatu yang hebat bersama-sama. 

Adanya inkubator internet computer protocol bertujuan memajukan teknologi digital di Indonesia. Serta memberikan pemahaman tentang blockchain pada orang-orang yang tertarik memahaminya.

Cara Kerja ICP

Memahami maksud dari inkubator internet computer protocol serta tujuannya yang sudah meluncur di Bali, Indonesia. Kalian pasti penasaran bagaimana ICP ini bekerja serta memberikan dampak bagi kita.

Keadaan dunia internet saat ini mempunyai sumber berkepemilikan, sumber tertutup, serta hosting yang berpusat pada data milik perusahaan teknologi besar. Jika salah satu pusat data paling penting gagal, maka berpengaruh pada web dan berhenti.

Kemudian juga muncul kekhawatiran lainnya, penyedia layanan web korporat terpusat mempunyai kemampuan membatalkan platform apk. Kehadiran ICP menawarkan alternatif mendasar.

Developer dapat membangun, melayani aplikasi, serta menghosting apk menggunakan cara terdesentralisasi. Hal ini memungkinkan sebuah situs web dapat kita sebarkan langsung ke jaringan publik.

Kemudian komputer internet bisa memberi intensif pada pengembangan perangkat lunak secara open source juga transparan. Salah satu pemahaman mudahnya, ICP merupakan cara mengubah kripto menjadi kekuatan pemrosesan.

Atau kata lainnya jaringan akan menetapkan biayang berdasar jumlah daya komputasi sesuai dengan jumlah kebutuhan proyek pengembang. Dan selama biaya tersebut terbayar, web akan berjalan pada jaringan bisa diakses publik.

Berdasarkan teorinya berbagai jenis aplikasi bisa kita buat juga jalankan melalui komputer internet. Hal tersebut mulai dari jejaring sosial misalnya Tiktok, hingga software serupa yang kalian ketahui saat ini. Termasuk juga jenis apk terbaru yang sebelumnya pernah ada. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini