Investasi Saham, Pahami Dahulu Pengertian dan Cara Kerjanya

Jika mendengar kata investasi saham, tentunya bukan hal baru lagi. Apalagi di Indonesia, beberapa tahun belakangan ini semakin banyak masyarakat mengerjakannya. Hal tersebut dianggap dapat memberi keuntungan dan kesejahteraan di masa depan.

Baca juga : Tips Untung Besar saat Pasar Crypto 2023 Mulai Lesu

Sebenarnya ada banyak jenis dari investasi, namun di Indonesia investasi ini masih menjadi paling populer. Sebelum mulai terjun ke dunia tersebut, sebaiknya bekali diri kalian dengan pengetahuan terlebih dahulu. 

Hal tersebut karena kegiatan ini tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Apalagi kalian akan mempertaruhkan modal dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, pada ulasan kali ini akan membahas tuntas mengenai hal tersebut.

Lebih Memahami Investasi Saham Melalui Pengertiannya

Lebih Memahami Investasi Saham Melalui Pengertiannya
Lebih Memahami Investasi Saham Melalui Pengertiannya

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk menyisihkan sebagian dari kekayaan atau uang kalian di salah satu pasar keuangan. Meskipun hasilnya tidak dapat langsung didapatkan saat itu juga, tapi berinvestasi adalah kegiatan yang cukup banyak dipilih masyarakat.

Tentu saja dengan berinvestasi sehat akan memberikan keuntungan besar. Investasi saham sendiri adalah instrumen pasar keuangan berupa tanda penyertaan modal oleh orang, perseorangan atau badan hukum dalam suatu perseroan atau perseroan terbatas.

Dengan menanamkan saham kalian, maka memiliki hak atas aset, pendapatan perusahaan dan juga berhak menghadiri rapat umum (RUPS) yang diadakan oleh perusahaan. Tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan pendapatan atau investasi jangka panjang. 

Penanaman modal ini juga berarti perusahaan tersebut akan mengelola aset atau modal yang disetorkan. Biasanya orang-orang yang berinvestasi tersebut bertujuan untuk menggunakannya di masa depan.

Ada Berapa Jenis dari Investasi Saham?

Ada Berapa Jenis dari Investasi Saham?
Ada Berapa Jenis dari Investasi Saham?

Setelah memahami pengertian investasi saham, selanjutnya kalian juga perlu mengetahui dan memahami jenis-jenisnya. Saat ingin berinvestasi, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis yang beredar di pasar uang. Maka dari itu perlu memahaminya terlebih dahulu, berikut jenis-jenisnya:

  1. Common Stock

Jenis common stock berarti berdasarkan kepemilikan, berarti penanam modal dapat mengklaim kepemilikan dengan menyesuaikan kerugian dan keuntungan dari perusahaan. Namun, pada common stock tanggung jawab pemegang sahamnya cukup terbatas.

Sebagai contoh, jika penyedia sahamnya mengalami kebangkrutan, maka pemegang sahamnya hanya mendapat prioritas terakhir dalam berbagi keuntungan perusahaan. Maka dari itu, perlu mengetahui jenis paling cocok untuk digunakan.

  1. Saham Preferen

Jenis preferen merupakan gabungan dari obligasi dan investasi pada saham biasa, sehingga bunga yang dihasilkan dari bersifat tetap. Biasanya, preferen juga ditemukan di bursa efek Indonesia dengan kode 4.

  1. Bearer Stock

Bearer stock ini biasanya tidak memiliki nama properti tertulis. Hal tersebut karena mudahnya transfer tanpa melalui badan hukum. Sehingga cukup banyak orang menggunakan jenis satu ini karena tidak membutuhkan banyak persyaratan.

  1. Saham atas Nama

Jenis satu ini berarti harus memiliki bukti tertulis dalam berinvestasi. Jika ingin memindahkannya juga tidak semudah itu, pasalnya harus melalui badan hukum. Meskipun lebih banyak syarat tiap jenis tersebut juga tingkat keasamannya tinggi.

  1. Income Stock

Jenis income stock adalah jenis yang biasanya memberikan keuntungan atau dividen lebih tinggi dari periode sebelumnya. Dengan kata lain, income stock ini keuntungannya selalu meningkat pada setiap periodenya.

  1. Growth Stock

Jenis growth stock dapat menunjukkan pertumbuhan saham yang tinggi, tapi tidak semua perusahaan besar cenderung memilikinya. Growth stock sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu Well-know, berasal dari perusahaan cukup tinggi. 

Sedangkan yang berasal dari perusahaan tidak terkenal (tidak populer) diberi nama Lesser-known. Sebagai seseorang yang serius untuk terjun ke dunia penanaman modal tersebut, kalian harus paham semua jenis-jenisnya.

  1. Blue Chips Stock

Jenis satu ini cukup sering diincar oleh para investor. Hal tersebut karena investasi saham tersebut biasanya dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki pendapatan tinggi atau stabil dan juga secara konsisten membayar bagi hasil.

  1. Counter Cyclical Stock

Investasi saham selanjutnya adalah counter cyclical stock. Jenis satu ini tidak akan terpengaruh oleh pasang surut perekonomian. Namun, untuk memastikan situasinya stabil, keuntungan sahamnya disesuaikan dengan perusahaan yang menerbitkannya.

  1. Saham Spekulatif

Jenis spekulatif ini memberikan return yang berubah-ubah atau tidak menentu. Namun, cukup banyak masyarakat menggunakan jenis satu ini karena memiliki return atau keuntungan yang tinggi.

Langkah-langkah Investasi Saham Bagi Pemula

Langkah-langkah Investasi Saham Bagi Pemula
Langkah-langkah Investasi Saham Bagi Pemula

Dalam berinvestasi ada banyak hal perlu diperhatikan, apalagi bagi para pemula. Dunia penanaman modal ini sebenarnya cukup berisiko karena menggunakan modal besar. Agar tidak salah langkah apalagi bagi para pemula, berikut cara-cara yang bisa dilakukan.

  1. Mulailah dengan Berinvestasi Waktu

Salah satu kesalahan terbesar paling umum dilakukan investor yang tidak berpengalaman adalah terjun langsung ke dunia tersebut. Tentu saja itu seperti melakukan bunuh diri tanpa terlebih dahulu memahami dasar-dasar dan sifat dari investasi saham. 

Ada banyak sekali istilah umum yang mungkin tampak membingungkan. Kalian bisa memulai dengan belajar secara otodidak dari mana saja. Bisa membeli buku-buku, atau bergabung dengan komunitas (grup media sosial).

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini