Jadwal Misa Rabu Abu 2023 di Katedral dan Gereja Indonesia

Berikut ini adalah Jadwal Misa Rabu Abu 2023 bagi seluruh masyarakat yang beragama Katolik.

Buat yang mau ingin tahu informasi lengkap mengenai Misa Rabu Abu beserta dengan jadwalnya di seluruh wilayah Indonesia. Maka langsung saja simak penjelasan yang akan admin Primaradio sampaikan di bawah ini.

Disini kami akan membagikan sekilas informasi mengenai Rabu Abu umat Katolik beserta jadwal misa rabu abu pada tahun 2023.

Informasi Sekilas Tentang Misa Rabu Abu

informasi-tentang-rabu-abu-20

Salah satu hari peringatan penting bagi seluruh masyarakat yang beragama Katolik adalah Rabu Abu. Rabu abu sendiri memiliki makna sebagai hari pertama prapaskah dimana seluruh umat katolik datang ke gereja untuk menandai hari tersebut.

Hari Rabu Abu juga merupakan peringatan hari rabu pertama sebelum paskah yang akan jatuh pada 40 hari setelahnya. Hari Rabu Abu ini menjadi momen spiritual para umat katolik menjelang paskah yang di artinya juga sebagai masa tobat.

Prapaskah merupakan pertanda bagi umat katolik untuk menyiapkan hari Kebangkitan Yesus Kristus yang terjadi di hari Minggu Paskah.

Rabu Abu juga diartikan bahwa umat katolik telah menyesali dosa yang selama ini telah diperbuat. Ada dua hal yang harus dijalani oleh umat katolik saat Rabu Abu ini, selain beribadah ke Gereja.

Masa Prapaskah ini berlangsung selama 40 hari dan sepanjang itu seluruh umat katolik melakukan doa, ibadah, dan juga puasa, serta pantang. Puasa dan pantang dilakukan setiap Rabu Abu dan Jum’at Agung dan hanya dua hari saja.

Lalu kapankah tepatnya hari Rabu Abu ini terjadi pada tahun 2023? Untuk informasi selengapnya akan kami sampaikan pada pembahasan di bawah ini.

Kapan Hari Peringatan Misa Rabu Abu Pada Tahun 2023

Pada Hari Rabu Abu, biasanya umat katolik menggunakan tanda abu berbentuk salib di kening sebagai tanda memperingati hari penting tersebut. Rabu Abu ini memiliki makna yang dalam bagi para umat yang merayakannya sebagai bentuk penyelasan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan.

Rabu Abu sendiri merupakan hari Rabu pertama yang menandakan 40 hari lagi menuju paskah. Inilah yang menandakan bahwa umat harus segera menyiapkan dirinya untuk bertobat dengan cara berpantang dan berpuasa.

Ada beberapa aturan dan kebiasaan yang harus dilakukan oleh umat Katolik ketika hari Rabu Abu telah dimulai. Seperti yang kami jelaskan di atas bahwa umat katolik akan melakukan puasa selama 2 hari dan juga berpantang selama 7 hari dengan aturam-aturan yang sudah ditetapkan.

Kapan tepatnya tanggal peringatan hari Rabu Abu sesuai dengan Kalender Masehi tahun 2023? Hari Rabu 2023 tahun ini jatuh pada tanggal 22 Februari di hari Rabu. Hari Rabu Abu akan dimulai pada hari Rabu pertama sebelum 40 hari menuju paskah.

Berikut adalah beberapa Jadwal Misa Rabu Abu 2023 di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat admin Primaradio bagikan.

Jadwal Misa Rabu Abu 2023 Di Beberapa Wilayah Indonesia

Serangkaian-jadwal-rabu-abu-2023

Salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh umat Katolik dalam memperingati Hari Rabu Abu adalah datang gereja untuk berdoa dan beribadah. Jika kalian ingin tahu jadwal misa rabu abu yang dilakukan oleh beberapa tempat di Indonesia.

Kali ini kami akan memberikan jadwal misa rabu abu yang dilakukan baik di Jakarta, Tanggerang, Bekasi, dan wilayah yang lainnya. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Tujuan umat katolik datang ke gereja pada hari rabu adalah untuk mendapatkan tanda abu di dahi mereka yang akan dilakukan sesuai jadwal. Karena itulah, kalian harus mengecek dulu jadwal perayaan misa rabu abu di beberapa tempat agar tidak salah waktu datang.

Waktu Misa Rabu Abu tidak berlangsung terlalu lama sehingga mereka yang ingin ke gereja benar-benar harus datang sesuai jadwal dan juga persyaratan. Kali ini kami akan membagikan jadwal perayaan misa Rabu Abu 2023 yang dilaksanakan secara offline.

Jadwal Misa Rabu Abu 2023 Offline

Bagi yang ingin tahu jadwal lengkap perayaan Misa Rabu Abu yang ada di beberapa wilayah Indonesia, khususnya pulau jawa. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Lokasi misa Gereja Katedral Jakarta

  • 06:00 WIB dilaksanakan secara offline
  • 12:00 WIB dilaksanakan secara online serta offline
  • 17:00 WIB diadakan secara Offline
  • 19:30 WIB diadakan secara online serta offline

Lokasi Misa Gereja Katedral Bandung

Dilaksanakan secara offline pada pukul 12:00, 17:00, dan 19:30 WIB. Untuk pelaksanaan online dan offline akan diadakan pada pukul 06:00 dan 07:00 WIB

Lokasi Misa Gereja Katedral Semarang

  • Waktu misa pada hari Selasai, 21 Februari 2021 : 08:00 WIB
  • Pada Hari Rabu, 22 Februari 2023 : 05:15 WIB

Lokasi Gereja St. Laurensius. Alamt Sutera

Waktu misa pada hari Rabu pukul 6, 9, 12, 17, dan 19 Waktu Indonesia Bagian Barat.

Jadwal Misa Rabu Abu Di Pulau Jawa

Tidak hanya disana saja, kalian juga bisa mengikuti Misa Rabu Abu di beberapa tempat pulau Jawa juga. Jadi, simak selengkapnya pembahasan yang akan kami berikan di bawah ini mengenai Jadwal Misa Rabu Abu di beberapa tempat.

Tebet di Gereja St. Fransiskus Asisi

  • Waktu Misa : 06:00. 08:00, 12:00, dan 18:30 WIB

Gereja St Thomas Rasul

  • Jam 05:45 WIB
  • 12:00 WIB
  • 17:00 WIB
  • 19:00 WIB

Pelaksanaan Misa Rabu Abu ini juga diikuti oleh anak sekolah dengan jadwal sebagai berikut.

  • Paroki Kapuk pukul 07:30 WIB
  • Paroki Mangga Besar pukul 6, 8, 12, dan jam 6 sore.
  • Paraki Bidara Cina pukul 6, 8, 16:30, dan 19:00
  • Paroki Blok B pukul 05:30, 08:00, 12:00, 17:00, dan 19:00 waktu indonesia bagian barat

Itu dia beberapa jadwal misa Rabu Abu yang bisa diikuti di beberapa gereja di wilayah Indonesia.

Baca Juga :

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini