Definisi Koperasi Simpan Pinjam, Fungsi, dan Keunggulannya

Koperasi Simpan Pinjam atau disebut KSP merupakan salah satu bentuk dari koperasi yang sudah berjalan sejak lama. Koperasi sendiri dikatakan sebagai salah satu lembaga keuangan paling tua di Tanah Air.

Baca juga : Inilah Alasan Investasi pada Kripto Diminati Orang-Orang

Kehadirannya tentu saja diharapkan mampu memberikan bantuan kepada masyarakat dalam hal ekonomi sehingga lebih sejahtera. Tidak mengherankan kalau dikatakan sebagai salah satu bentuk ekonomi kerakyatan yang ada.

Setelah lama berdiri, keberadaan KSP memang terbukti mampu menjadi solusi terpercaya di kalangan masyarakat Indonesia. Sudah banyak sekali orang-orang terbantu dengan adanya bantuan dana darinya.

Terlebih berbagai kemudahan juga diberikan oleh koperasi, misalnya pinjaman tanpa jaminan dengan persyaratan mudah. Hal tersebut membuatnya terus berkembang dan menjadi salah satu favorit masyarakat.

Tentang Koperasi Simpan Pinjam, Begini Penjelasannya

Tentang Koperasi Simpan Pinjam, Begini Penjelasannya
Tentang Koperasi Simpan Pinjam, Begini Penjelasannya

KSP dapat didefinisikan sebagai lembaga keuangan mikro yang model bisnisnya dilakukan dengan mengambil simpanan dan membuat pinjaman modal. Model tersebut sudah selaras dengan PP Nomor 9 tahun 1995 pasal 19.

Berdasarkan pasal tersebut, diketahui bahwa koperasi simpan pinjam mempunyai dua kegiatan utama. Keduanya ialah melakukan penghimpunan simpanan bersama/berjangka dan memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggota, hingga koperasi lainnya.

Pengelolaan lembaga keuangan satu ini dilakukan secara mandiri dan demokratis oleh tiap-tiap anggota partisipan dengan terbuka atau sukarela. Maka dari itu, keputusan tertinggi dari KSP berada pada Musyawarah Besar.

Sebagai informasi untuk kalian, Sisa Hasil Usaha alias SHU dari lembaga atau unit usaha ini dibagikan kepada tiap-tiap anggota. Pembagian tersebut dilakukan secara adil dan merata menurut kontribusi anggota.

KSP dijalankan dengan berbekal modal dari dua sumber. Sumber pertamanya ialah dari simpanan anggota, baik pokok, wajib, maupun sukarela. Kedua, bersumber dari modal pinjaman oleh badan usaha tertentu.

Dengan berjalannya koperasi simpan pinjam, tentu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perekonomian rakyat Indonesia. Masyarakat memperoleh kemudahan dalam menabung ataupun mengajukan pinjaman sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian.

Terlebih KSP memang diharapkan mampu menyediakan prosedur pengajuan pinjaman secara mudah dan cepat. Tidak hanya itu, unit usaha ini juga memiliki berbagai fungsi dan peran demi kesejahteraan anggota sekaligus non-anggota.

Inilah Fungsi dan Peran Koperasi Simpan Pinjam

Setelah mengetahui definisi sekaligus sumber dananya, kali ini akan dijelaskan kepada kalian tentang fungsi dan perannya. Fungsi serta peran berikut ini diharapkan benar-benar berjalan sehingga bermanfaat bagi masing-masing anggota.

  1. Fungsi

Terdapat empat hal pokok sebagai fungsi dari kehadiran koperasi simpan pinjam. Mulanya, fungsi tersebut hanya dapat dirasakan anggotanya saja, tetapi sekarang sudah diberikan juga kepada non-anggota dengan syarat tertentu.

  • Menghimpun dana berwujud simpanan dan tabungan yang bersumber dari tiap-tiap anggotanya
  • Melakukan penyaluran dan pemberian bantuan pinjaman kepada anggotanya maupun calon dengan kebutuhan sangat urgent
  • Memberikan suntikan modal usaha bagi tiap anggotanya dan calon anggota
  • Memberikan pelayanan berupa pembelian dan penjualan barang, baik dengan tunai maupun kredit

Untuk merasakan empat fungsi tersebut, kalian perlu memenuhi persyaratan menjadi anggotanya terlebih dahulu. Berikut disebutkan empat syarat yang perlu dipenuhi kalau ingin menjadi bagian dari unit usaha ini.

  • Warga Negara Indonesia
  • Sifat Keanggotannya adalah perseorangan, bukan berupa badan hukum
  • Menyetujui AD, ART, sekaligus segala ketentuan dari pihak koperasi
  • Berkenan melakukan pembayaran simpanan pokok sekaligus wajib sesuai ketentuan
  1. Peran

Sementara itu, koperasi simpan pinjam juga mempunyai lima peran dengan tujuannya adalah demi memperkuat ekonomi para anggotanya. Kelima peran dari KSP dijelaskan sebagaimana berikut ini.

  • Meningkatkan pemasukan sekaligus kesejahteraan anggotanya lewat penyaluran dana kredit
  • Menetapkan bunga kecil supaya tiap nasabahnya dihindarkan dari pinjaman ilegal
  • Melakukan pembagian SHU sebagai tambahan dana pada anggotanya yang telah aktif berkontribusi di lembaga
  • Melakukan pengelolaan dana tabungan atau simpanan anggotanya dalam bentuk investasi
  • Menjadi stimulus supaya muncul keinginan untuk menabung atau menyimpan uang di koperasi

Begini Ciri KSP Berkualitas dan Terpercaya

Berikut ini dijelaskan beberapa ciri KSP berkualitas dan terpercaya yang wajib untuk diketahui. Kalau sudah memenuhi ciri-ciri berikut ini, artinya kalian bisa mulai mengajukan pinjaman berdasarkan prosedurnya.

  1. Memiliki Legalitas

Ciri pertama yang menandakan bahwa koperasi simpan pinjam tersebut terpercaya adalah mempunyai legalitas secara jelas. Hal tersebut karena unit usaha ini berbadan hukum sehingga harus legal.

Setidaknya, legalitas tersebut ditunjukkan dengan adanya surat resmi dari Kementerian Koperasi & Usaha Kecil Menengah. Surat tersebut merupakan bukti bahwa koperasinya sudah terkait dengan pemerintah.

Selain itu, akan makin terpercaya kalau lembaganya sudah mengantongi izin resmi untuk melakukan transfer dana dari BI dan/atau OJK. Jika tidak, dikhawatirkan kalian akan terjebak pada tindak penipuan.

  1. Memiliki Sertifikat Sehat

Selain surat legalitas resmi, terdapat juga sertifikat sehat dari kementerian terkait. Sertifikat sehat tersebut menandakan bahwa tidak ditemukan praktik kecurangan ataupun penggelapan dalam kegiatan usahanya.

  1. Ada Rapat Anggota

Peranan setiap anggota di dalam koperasi sangatlah vital sehingga kepentingannya harus selalu dikedepankan. Oleh karena itu, ciri KSP yang berkualitas adalah adanya rapat anggota secara berkala demi kemajuan setiap sektor.

  1. Mengetahui Peringkatnya

Jika ingin mengetahui kualitasnya, kalian dapat mencari tahu peringkat KSP tersebut di tingkat provinsi dan nasional. Apabila peringkatnya baik, berarti lebih berkualitas dan tentunya terpercaya.

  1. Ada Audit secara Berkala

Ciri terakhir yang perlu diperhatikan adalah adanya pengauditan dana secara berkala. Audit merupakan hal wajib sebab sudah diatur oleh pemerintah dan prosesnya dilakukan oleh auditor independen.

Mengajukan Pinjaman di KSP, Begini Prosedurnya

Jika kalian tertarik untuk mengajukan pinjaman di koperasi simpan pinjam, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut ini dijelaskan prosedur sekaligus hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan pinjaman.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini