Pengertian Kredit Tanpa Agunan hingga Manfaat yang Diperoleh

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah layanan pinjaman yang ditawarkan sebagai solusi bagi mereka yang ingin menerima uang tanpa agunan. Produk KTA dinilai populer karena menawarkan kemudahan dan kepraktisan.

Baca juga : Mengetahui Peran Bank dalam Sistem Pembayaran di Indonesia

Karena kemudahan dan kepraktisannya ini, jangan mengira pihak bank bisa begitu saja mengabulkan permohonan pinjaman KTA. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi calon peminjam agar permohonan disetujui dan uang pinjaman cepat cair.

Bagi Kalian yang masih bingung dalam mengajukan pinjaman tanpa agunan, Lifepal memiliki gambaran lengkap tentang apa itu KTA, manfaat KTA, bahkan rekomendasi 15 KTA teratas dan minatnya. Kalian bisa membaca dan pahami penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Pinjaman KTA atau Pinjaman Tanpa Agunan?

Apa itu Pinjaman KTA atau Pinjaman Tanpa Agunan?
Apa itu Pinjaman KTA atau Pinjaman Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk keuangan dengan jenis pinjaman yang memungkinkan setiap orang untuk meminjam uang/aset dalam jumlah tertentu tanpa harus memberikan agunan.

Meskipun Kalian dapat meminjam uang tanpa agunan, bank atau lembaga keuangan dapat menentukan kelayakan calon debitur untuk mendapatkan pinjaman dengan memeriksa sejarah kredit yang tercantum dalam Informasi Debitur (iDeb).

Pencatatan riwayat kredit biasanya dimulai saat seseorang pertama kali menggunakan metode kredit sebagai opsi pembayaran. Kredit kendaraan bermotor(KKB) dan kredit rumah (KPR).

Kredit tanpa agunan menawarkan keuntungan untuk membantu setiap orang memenuhi kebutuhan atau persyaratan yang membutuhkan sejumlah uang, seperti:

  1. Biaya pelatihan.
  2. Biaya pernikahan.
  3. Biaya pengobatan.
  4. Biaya renovasi rumah.
  5. Biaya liburan keluarga.
  6. Biaya pembelian produk elektronik. 

Tentu saja, ada kebutuhan lain selain contoh di atas. Dengan kata lain, peminjam bebas menggunakan dana pinjamannya sesuai dengan kebutuhan atau keperluannya, asalkan tujuan penggunaannya tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keuntungan dan Kerugian dari Pinjaman Tanpa Jaminan

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan, ada baiknya kita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang harus kita ketahui.

  1. Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

Sebelum menggunakan kelebihan kredit tanpa agunan ada baiknya Anda mengetahui kelebihannya terlebih dahulu, berikut ini beberapa keuntungannya:

  • Syaratnya Tidak Ribet 

Pinjaman tanpa agunan diberikan tanpa debitur dan harus memberikan jaminan kepada kreditur. Oleh karena itu, ini sangat berguna bagi kita yang tidak memiliki aset apapun seperti rumah atau mobil.

Kecuali tidak banyak dokumen yang diperlukan sebagai syarat. Biasanya bank hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga dan informasi pembayaran kartu kredit bulan lalu dan mengisi formulir.

  • Pembayaran Cepat

Cocok untuk yang membutuhkan pembiayaan darurat. Umumnya pinjaman KTA lebih cepat lunas dibandingkan pinjaman dengan agunan. Karena bank tidak memerlukan jaminan dari debitur dan dana dapat ditarik dalam waktu 2-3 hari, asalkan persyaratan yang diperlukan terpenuhi.

  • Pengiriman Mudah

Mengajukan pinjaman tanpa agunan biasanya mudah. Hampir semua bank memiliki produk ini. Selain itu, kehadiran Fintech memudahkan pengajuan pinjaman tanpa agunan ini.

Bahkan, apapun kini bisa disiarkan secara online. Menarik bukan? Jika kamu ingin mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan ini melalui Fintech. Kamu harus memperhatikan apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak, ya!

2. Kelemahan Pinjaman KTA

Selain memiliki kelebihan, kredit tanpa agunan memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membuatnya. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  • Bunga KTA Relatif Besar

Karena tidak ada agunan, suku bunga pinjaman tanpa jaminan biasanya tinggi. Hal ini tentunya akan membebani Kalian dengan cicilan bulanan.

  • Tenor Relatif Singkat

Bank biasanya hanya menawarkan produk pinjaman tanpa agunan, dengan limit maksimal Rp 200 juta. Karena tidak sebesar limit kredit general purpose yang sesuai dengan harga agunan. Pemberian limit Kredit Tanpa Agunan biasanya tercermin dari limit kartu kredit calon debitur. 

Karena limitnya yang kecil ini, tenornya juga dipersingkat. Oleh karena itu, jumlah pembayaran yang harus dibayar sedikit lebih tinggi.

  • Beberapa Bank Memerlukan Kartu Kredit

Nah, hal inilah yang sering menyebabkan orang gagal saat mendapatkan pinjaman tanpa agunan. Karena salah satu syarat bank adalah kepemilikan kartu kredit selama 1 tahun. 

Meskipun tidak menggunakan kartu kredit, setidaknya Kalian harus menjadi pengguna sistem penggajian bank. 

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit dengan Agunan (KDA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit dengan Agunan (KDA) dapat menyediakan dana pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat. Berbeda dengan KTA, menggunakan layanan pinjaman dengan agunan mensyaratkan atau aset untuk dimasukkan ke dalam pinjaman. 

Jaminan ini memberi Kalian bantuan, seperti suku bunga yang lebih rendah, dan jangka waktu pinjaman yang diberikan biasanya relatif lebih lama, hingga 25 tahun dengan cicilan. Tidak hanya nilai nominal yang dapat dipinjam nasabah biasanya nominal bisa lebih tinggi. 

Namun syarat yang diajukan tentu saja lebih rumit, dan proses pencairan dananya juga memakan waktu cukup lama, karena bank harus melakukan evaluasi terlebih dahulu. Jenis harta yang wajib dijamin dalam KDA adalah harta benda, kendaraan pribadi, emas, deposito dan hewan ternak.

Apakah Kalian tertarik untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan? Simak dulu tipsnya Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Kalian memutuskan untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan ke bank atau fintech. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini