Bagaimana Mencegah Serangan Asma yang Tepat?

Pengetahuan tentang mencegah serangan asma tentu saja sangat krusial bagi para penderitanya. Tidak hanya itu bagi kalangan umum juga jelas berguna karena kita tidak tahu serangan ini bisa terjadi.

Baca juga : Olahraga Air yang Mudah untuk Kaum Sedentari 

Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini Kami sengaja menyediakan beberapa segmen ringan. Bagaimana metode pencegahan serangannya agar Anda dapat menghindari secara lebih efektif.

Mengetahui bagaimana cara menghindarinya juga penting agar kehidupan sehari-hari tidak terganggu. Ada beberapa hal sederhana bisa kita lakukan agar mampu terhindar dari potensi serangan tersebut.

Langsung saja silahkan simak segmen selanjutnya untuk mengetahui bagaimana metode mitigasi. Sehingga kehidupan Anda akan menjadi jauh lebih nyaman karena dapat bernafas secara lega.

Berolahraga Mampu Mencegah Serangan Asma

Berolahraga Mampu Mencegah Serangan Asma

Salah satu langkah mitigasi agar terhindar dari ancaman sesak nafas adalah rajin berolahraga. Namun jangan sampai salah pilih para penderita asma perlu menentukan olahraga tepat agar tidak menyiksa tubuh.

  1. Jogging 

Jogging adalah salah satu olahraga kardio paling cocok untuk mencegah serangan asma. Ini juga jenis olahraga ringan sehingga tidak terlalu membebani pernapasan para pelakunya.

Kita bisa melakukan jogging saat tingkat polusinya tidak terlalu tinggi seperti pagi hari. Tentukan juga rute yang rendah polusi sehingga jogging tidak memicu terjadinya sesak nafas.

  1. Renang 

Jangan salah, renang adalah salah satu olahraga paling ramah bagi para penderita gangguan pernapasan. Renang menjadi salah satu opsi tepat karena membantu kita meningkatkan kapasitas paru-paru.

Selain itu hampir semua otot tubuh akan bekerja pada saat melakukan olahraga renang. Sehingga sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh jelas akan semakin optimal apabila kita sering melakukannya.

  1. Aerobik Ringan 

Melakukan aerobik ringan juga menjadi salah satu metode mencegah serangan asma. Kita bisa memilih ritme rendah sehingga gerakannya tidak terlalu intens dan melelahkan.

  1. Yoga 

Yoga juga menjadi salah satu latihan paling pas karena bisa melatih pernapasan seseorang. Dengan melakukan yoga kita bisa mengoptimalkan kerja paru-paru dan meningkatkan kapasitasnya.

Selain itu melakukan yoga juga bisa kapan saja sehingga cukup fleksibel Anda lakukan. Tidak menguras banyak tenaga juga sehingga pas untuk relaksasi ketika istirahat bekerja.

Keempat jenis olahraga tersebut memang paling cocok untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Sehingga para penderita memang lebih tepat apabila menggunakan beberapa opsi tadi sebagai olahraga rutin.

Mengenali Apa Saja Pemicu Serangan Asma?

Mengenali Apa Saja Pemicu Serangan Asma?

Ada beberapa pemicu sebenarnya yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari serangan tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja pemicunya sehingga Anda lebih waspada dan mudah menghindarinya.

  1. Alergen 

Alergen adalah zat dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang sensitif terhadap zat tersebut. Beberapa alergen yang umum memicu kambuhnya asma adalah debu rumah, tungau debu, bulu binatang, serbuk sari, dan spora jamur.

  1. Polusi Udara 

Polusi udara, seperti asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan partikel debu, dapat memicu radang dan infeksi saluran pernapasan. Sehingga wajar saja kita perlu menghindarinya apabila tidak ingin sesak napas.

Namun mencegah serangan asma dengan menghindari polusi udara itu cukup sulit. Meskipun kita sudah memakai masker tetap saja polusinya akan masuk dan berpotensi menjadi pemicu.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan 

Flu atau pilek juga dapat menjadi salah satu faktor pemantik terjadinya penyempitan saluran pernapasan. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar infeksi saluran pernapasan tidak terjadi.

  1. Stres 

Stress sangat berpengaruh terhadap imun tubuh seseorang sehingga kita perlu menjaganya. Overstressed dapat menyebabkan terjadinya penyempitan saluran pernapasan bagi para penderita asma.

Jadi salah satu cara mencegah serangan asma adalah dengan mengontrol stress tersebut. Lakukan relaksasi secara rutin sehingga stress dapat Anda hindari secara lebih efektif.

  1. Olahraga Terlalu Berat 

Meskipun sebelumnya kami menganjurkan untuk berolahraga namun jangan terlalu berat. Karena ketika kelelahan maka potensi terjadinya penyempitan saluran pernapasan bisa terjadi.

Kelima faktor tersebut adalah pemicu paling umum sehingga perlu untuk Anda waspadai. Jika mampu menghindarinya otomatis serangan sesak napas dapat kita mitigasi secara lebih efektif.

Mencegah Serangan Asma dengan Hidup Bersih dan Teratur

mitigasi secara lebih efektif.

Mencegah Serangan Asma dengan Hidup Bersih dan Teratur

Hidup bersih dan teratur ternyata dapat menjadi metode paling efektif untuk menghindari serangan penyempitan saluran pernapasan. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan penting untuk Anda terapkan.

  1. Membersihkan Rumah Secara Teratur 

Salah satu cara untuk mengurangi intensitas debu di dalam rumah jelas dengan membersihkannya. Gunakan vacuum cleaner atau lap untuk bersih-bersih rumah agar tidak mencemari udara.

Penggunaan vacuum cleaner saat bersih bersih sangat efektif mencegah serangan asma. Jadi ini adalah salah satu peralatan yang wajib untuk Anda miliki apabila mengidap gangguan pernapasan tersebut.

  1. Hindari Penggunaan Pengharum Ruangan 

Menggunakan pengharum ruangan adalah salah satu kesalahan paling fatal. Apabila Anda mengidap asma lebih baik menghindari penggunaan pengharum ruangan karena dapat memicu kontraksi pada saluran pernapasan.

Bahkan penggunaan bunga sebagai pengharum juga perlu Anda hindari karena polen dari bunganya bisa memicu reaksi alergi. Selama ruangannya bersih penggunaan pengharum ini sebenarnya tidak terlalu perlu.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini