Mengenal Macam Macam Terusan di Dunia

Banyak orang kurang mengenal macam macam terusan di dunia padahal dampaknya terhadap ekonomi sangat luar biasa. Terusan atau kanal sering menjadi salah satu aspek krusial yang menggerakkan ekonomi regional tertentu.

Baca juga: Jalur Air Penting Terkenal di Dunia yang Perlu Diketahui

Kita bisa ambil contoh Panama Canal yang menjadi pemisah antara Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dengan adanya canal tersebut beberapa negara Amerika Selatan dapat melakukan perdagangan ke Eropa secara lebih cepat.

Namun sebenarnya canal tidak hanya terbatas dalam konteks jalur perdagangan besar saja karena macamnya juga ada dua. Pada pembahasan ini kita akan kupas bersama pengetahuan umum mengenai canal.

Mulai dari definisi, jenis, sampai kanal yang berpengaruh terhadap roda perekonomian dunia. Sehingga informasi ini dapat menjadi camilan otak agar pengetahuan kalian semakin luas.

Mengenal Seputar Terusan atau Kanal 

Mengenal Seputar Terusan atau Kanal 
Mengenal Seputar Terusan atau Kanal

Berdasarkan etimologi sendiri kanal merupakan serapan dari bahasa asing yaitu canal. Kemudian etimologi tersebut kita translasikan kembali berdasarkan fungsionalnya menjadi terusan.

Pada dasarnya kanal adalah saluran air yang sudah mengalami campur tangan oleh manusia. Artinya sungai itu memang saluran air namun tidak dapat kita sebut kanal karena tidak ada campur tangan manusia.

Contoh mengenal macam macam terusan di dunia misalnya Suez, Panama, Bruges, sampai Nan Madol. Semuanya selalu terjadi campur tangan manusia untuk menyalurkan air dari satu titik ke titik lainnya.

Dari segi fungsionalitas dapat kita bagi menjadi dua yaitu irigasi dan transportasi, lebih detail sudah ada segmen khusus. Di Indonesia sendiri pembangunan kanal sudah umum terjadi terutama daerah pedesaan.

Karena kebutuhan pada bidang agraria memang sangat tinggi dan membutuhkan saluran air yang mudah pengaturannya. Bahkan belakangan ini saluran irigasi pedesaan juga mendapatkan fungsi baru sebagai spot wisata dadakan.

Memang perlu kita akui bahwa mengenal macam macam terusan di dunia akan cukup melelahkan. Setidaknya kalian perlu tahu mana saja yang memiliki dampak signifikan sehingga bisa jadi pengetahuan trivia terkait geografi.

Jangan salah, masyarakat awam juga perlu tahu bagaimana informasi mengenai dunia pengairan. Karena pada suatu titik kita pasti harus mampu melakukan manajemen air secara efektif guna menunjang kualitas hidup.

Ada Berapa Jenis Terusan di Dunia 

Ada Berapa Jenis Terusan di Dunia 
Ada Berapa Jenis Terusan di Dunia

Di dunia ini ada dua jenis terusan yaitu kanal untuk manajemen pengairan dan juga transportasi air. Berikut ini adalah penjelasan detail terkait dua jenis tersebut sehingga kalian mudah memahaminya.

Manajemen Pengairan 

Sering juga kita sebut sebagai flood management karena fungsinya cukup luas tidak hanya mengairi sawah saja. Berikut ini adalah beberapa fungsi kanal dalam sudut pandang manajemen pengairan.

  • Saluran irigasi 
  • Pengendali banjir 
  • Drainase dan lainnya.

Apabila ingin mengenal macam macam terusan di dunia yang fungsinya terkait manajemen pengairan ada cukup banyak. Misalnya Bruges Canal, Canal De Castilla, dan juga kanal banjir Jakarta.

Jadi bukan hanya terusan Suez dan Panama saja yang perlu kalian kenal, namun contoh sebelumnya juga termasuk. Pada seseorang belum tahu definisinya memang masih cukup ambigu bagaimana pemahaman terkait waterways ini.

Waterways (Jalur Transportasi Air)

Mungkin banyak orang mengenal macam macam terusan di dunia ketika fungsinya adalah sebagai waterways. Karena sudah ada beberapa nama populer seperti Suez apalagi tahun 2021 pernah ada sebuah insiden cukup unik.

Ini adalah sebuah saluran pengairan yang memang pembangunannya memiliki tujuan untuk transportasi air. Jadi mulai dari kebutuhan perdagangan daerah sekitar sampai wisata tetap masuk dalam kategori ini.

Di Indonesia sendiri juga ada salah satunya adalah angkutan sungai Jakarta yang selesai pada masa jabatan gubernur Sutiyoso. Selain itu ada juga Cikarang Bekasi Laut Jawa atau lebih sering kita kenal sebagai CBL.

Mengenal Macam Macam Terusan di Dunia yang Berpengaruh 

Selain Suez dan Panama ada beberapa canal lain di dunia yang pengaruhnya luar biasa. Berikut ini adalah beberapa canal yang perlu kalian kenali sebagai pengetahuan trivia sektor geografi.

NCC (North Crimean Canal)

Ini sebenarnya adalah sebuah kanal irigasi biasa namun menjadi luar biasa ketika konflik Rusia Ukraina memuncak. Kanal tersebut menjadi perebutan karena menjadi satu-satunya penyedia pasokan air bersih untuk wilayah Kherson.

Jadi ini perlu kita masukkan dalam list mengenal macam macam terusan di dunia dengan pengaruh luar biasa. Adanya NCC ini juga memicu beberapa pertempuran cukup sengit antara dua negara.

Canal of Venice 

Teknologi perairan modern sekarang tidak akan pernah terjadi tanpa adanya pengaruh dari Venice. Kota ini terkenal juga dengan julukan kota air karena kotanya memang mengambang di tengah perairan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini